Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Syamsul Bachri: Permasalahan Sampah di Cirebon, DPRD Jabar Dorong Percepatan Pembangunan TPPAS Ciwaringin

Selasa, 14 Februari 2023 | 18:00 WIB Last Updated 2023-02-14T11:01:01Z
Anggota DPRD Jabar H. Syamsul Bachri dari Fraksi PDIP  saat menggelar Reses II di Desa Ciledug Tengah (foto:ist)


 
CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP melaksanakan kegiatan Reses II Tahun Sidang 2022-2023 di  Desa  Ciledug Tengah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon,  Selasa (14/2/2023).

H.Syamsul Bachri dari Daerah Pemilihan Jabar XII (Kab/kota Cirebon dan Kab Indramayu) sebelum menyerap dan menampung aspirasi, terlebih dahulu H. Syamsul menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan reses yang dilaksanakannya.


Dihadapan puluhan tokoh masyarakat dan aparatur Desa Ciledug Tengah , Pengurus PAC PDIP Kecamatan Ciledug,  Syamsul menyampaikan bahwa kegiatan reses yang merupakan wahana wakil rakyat untuk bertemu dengan masyarakat dan sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat.


Politisi PDIP Jabar  yang juga anggota Komisi II DPRD Jabar ini dalam paparannya menyampaikan bahwa Komisi II yang membidangi sector Perekonomian diantara tentang Pertanian, perkebunan, kelautan, perikanan dan kemaritiman, kepariwisataan, peternakan.


Usai memberikan paparan, Syamsul memberikan waktu kepada peserta reses untuk menyampaikan aspirasinya, untuk serap dan  diperjuangan di DPRD Jabar agar dapat direalisasikan.


Dalam kesempatan tersebut perwakilan warga Ciledug Tengah menyampaikan masalah berbagai aspirasi, diantaranya soal pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur desa  hingga masalah lingkungan hidup terutama soal sampah. 


Semua aspirasi sudah saya serap dan dicatat untuk selanjutnya akan dibawa ke Fraksi PDIP DPRD Jabar untuk disampaikan dalam rapat paripurna Laporan Kegiatan Reses II,ujarnya.


Adapun terkait masalah Lingkungan Hidup terutama dalam mengatasi persampahan, Syamsul mengatakan, bahwa soal Lingkungan Hidup itu bukan di bidang Komisi II namun di Komisi IV. Tetapi kita di DPRD Jabar, terutama Fraksi PDIP sangat mendorong sekali dibeberapa wilayah di Jabar untuk segara dibangun Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional, termasuk juga di wilayah Ciayumakuning terutama di Kabupaten Cirebon.


Ia menambahkan bahwa dalam RPJMD Jabar,  sudah direncanakan dan akan dibangun beberapa TPPAS Regional, yaitu  TPPAS Regional Lulut Nambo di Kab Bogor; TPPAS  Legok Nangka di Kab Bandung:  TPPAS Ciwaringin Kab Cirebon dan TPPAS Regional diwilayah  Bekasi, Karawang dan Purwakarta.Seluruh TPPAS Regional tersebut berada dibawah  naungan Dinas Lingkungan Provinsi Jabar, ujarnya. 


H. Syamsul Bachri mendengarkan aspirasi warga Desa Ciledug Tengah Kan Cirebon (foto:ist).



Khusus TPPAS Regional Ciwaringin di Cirebon hingga kini belum dimulai pembangunannya, karena masih terkendala pembebasan lahan, dan belum ada calon investornya.  Tetapi kita terus mendorong agar Pemprov Jabar mengupayakan segera menyediakan lahan dan mencari calon investor, ujar mantan ketua DPC PDIP Indramayu ini.


Kita sadarin betul bahwa kehadiran TPPAS Regional Cawaringin sangat ditunggu oleh masyarakat dan pemerintah daerah  Ciayumakuning  dalam mengatasi dan pengelolaan sampah akhir.  Bahkan dari TPPAS tersebut sampah-sampah diolah hingga menghasilkan Refused Derived Fuel (RDF) sebagai bahan pengganti  batu bara, ujarnya.


Sebelum mengakhiri kegiatan resesnya, Syamsul perpesan kepada masyarakat Desa Ciledug Tengah dan seluruh masyarakat Kec. Ciledug, bahwa tahun 2023 ini merupakan tahun politik, untuk itu agar berhati-hati dalam menanggapi isu-isu yang disebar di media social.


“Jaga kerukunan sesama warga dan tetap hidup bergotong royong dalam bingkai NKRI, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update