Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut Tahun Ajaran Baru 2023-2024, Ini Salah Satu Pilihan SMA Terbaik di Bandung

Rabu, 10 Mei 2023 | 13:10 WIB Last Updated 2023-05-10T10:00:59Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Menyambut Tahun Ajaran Baru 2023-2024, menjadi salah satu momen yang cukup krusial bagi orang tua dalam memilihkan sekolah bagi anak-anaknya dalam memulai atau melanjutkan jenjang pendidikannya.


Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Metode pendidikan yang berkualitas di sekolah menjadi salahsatu tolak ukur pembentuk SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkarakter dan berwawasan luas.


Sampai saat ini, orangtua masih percaya bahwa mutu sekolah yang bagus bisa mencetak anak-anaknya menjadi pribadi yang berkualitas juga. Pendidikan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang berkualitas dapat mempersiapkan setiap individu untuk peranannya di masa yang akan datang.


Menurut UU No. 20 tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.


Untuk itu, sebagai orangtua harus bisa mengetahui kriteria dan kualitas sekolah mana yang terbaik untuk anak-anaknya. Bagi anda yang tinggal di Kota Bandung, tentunya banyak pilihan sekolah yang berkualitas dan bermutu. Mulai dari tingkat PG, TK, SD, SMP, SMA, dan Universitas.


Salah satu sekolah dengan kualitas dan mutu pendidikan yang terbaik di Bandung yakni, Yayasan Pendidikan Al-Ma'soem. Menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat PG, TK, SD, SMP, SMA, Pesantren / Boarding School, dan Universitas.


Yayasan pendidikan yang berdiri sejak tahun 1987 ini, selain memberikan pendidikan akademis yang unggul juga mengedepankan agar setiap siswa didik memiliki karakter yang berakhlak baik. Seperti visi yang dimiliki sekolah, yaitu Unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah dan berdisiplin.


Yayasan Pendidikan Al Ma'soem Bandung menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menonjol di Kota Bandung, karena konsisten memberikan pendidikan berkualitas yang dilandasi nilai-nilai agama Islam. Terdapat dua jenis lembaga pendidikan terbaik yang dikelola oleh yayasan ini, yaitu pesantren dan sekolah menengah atas (SMA).


Pesantren Siswa Al Ma'soem (PSAM)


Dibangun sejak tahun 2000, Pesantren Siswa Al Ma’soem semula bernama Pesantren Pendidikan Formal. Awal angkatan pertama pada tahun 2001, hanya menerima santri sebanyak 49 orang.


Pesantren di Bandung ini pada tahun 2009 memantapkan dirinya menjadi sebuah pesantren yang tidak identik dengan kumuh, keras, kampungan, gaptek. Penerapan tag line ”disiplin dan islami” menjadi tugas utama pengelola dan siapapun yang terlibat di dalamnya.


Hal itu ditandai dengan diperbaharuinya pola pelayanan katering, londry, penanganan kedisiplinan, pola pembelajaran, system informasi-teknologi dan kegiatan-kegiatan kesantrian lainnya. 


Semua dimaksudkan untuk mewujudkan insan kamil yang kemudian dibahasakan dalam motto Cageur Bageur Pinter. Materi pembelajaran yang diberikan kepada santri, diantaranya: 


Materi Utama Al Qur’an dan Tajwid, Fiqih, Aqidah Akhlak, Hafalan Al Qur’an/Tahfidz, Bahasa Arab, Bahtsul Kutub/Kitab Kuning (Kelas Takhosus), Bahasa Inggris dan Nahwu Shorof;


Materi Penunjang (Ekstrakurikuler) Total keseluruhan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) sebanyak 26 Jenis, dengan rincian, Seni Imtaq & Iptek: 17 Jenis dan Olahraga: 9 Jenis.


Aktivitas santri di Pesantren AL-Ma'soem dilaksanakan setiap hari, Senin-Jumat: Sekolah formal, dilanjutkan dengan materi pembelajaran agama islam yang dibagi dalam 3 kelas. 


Kelas Reguler (Al Qur’an/Tajwid, Fiqih, Akidah Akhlak, Nahwu Shorof & Bahasa); Kelas Takhosus Tahsin & Tahfidz (Tahsin: Diwajibkan untuk santri baru yang belum bisa/lancar membaca Al Qur’an dan Tahfidz : Bagi santri yang ingin fokus menghafal Al Qur’an).


Serta, Kelas Takhassus Kitab Kuning mempelajari Safinatunnajah, Tijan Ad Darori, Al Jurumiyah, Ta’lim Muta’alim, Sulam Attaufiq, Al Jazariyah, dll.


Sementara pada hari Sabtu, aktivitas santri di siang hari diisi dengan kegiatan ekstrakulikuler bidang seni, Imtaq dan Iptek. Malam hari, dilanjutkan dengan kegiatan Al Ma'soem Mencari Bakat (AMB). Menampilkan bakat dan potensi santri baik di bidang agama, seni dan yang lainnya, yang sesuai dengan norma dan visi misi Al Ma’soem.


Untuk aktivitas santri pada hari Ahad/Minggu, dilaksanakan kegiatan Tashrif (Massal), yakni percakapan Bahas Inggris atau Bahasa Arab, Senam bersama, Ekstrakurikuler Bidang Olahraga dan Rihlah.


SMA Al Ma'soem Bandung


SMA Al-Ma'soem merupakan salah satu SMA terbaik di Bandung. Menawarkan kurikulum pendidikan secara lengkap dan berkualitas, dengan pendekatan yang seimbang antara akademik dan keagamaan. SMA Al Ma'soem Bandung berusaha untuk membentuk siswa yang memiliki moralitas islami yang tinggi serta memiliki kemampuan akademik yang unggul.


Seperti Motto yang menjadi keunggulan Yayasan Al-Ma'soem Bandung, Cageur Bageur dan Pinter. Yang menjadi visi yang diusung yayasan menjadikan siswa didik menjadi unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah serta berdisiplin.


SMA terbaik di Bandung ini juga menawarkan berbagai program pendidikan, mulai dari program reguler hingga program unggulan. Sekolah ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan modern, termasuk ruang kelas yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan kantin.


Secara keseluruhan Yayasan Al Ma'soem Bandung menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memberikan pendidikan lengkap dan berkualitas yang dilandasi oleh nilai-nilai agama Islam. Karena pesantren dan SMA yang dikelola oleh yayasan ini telah terbukti memberikan pendidikan yang komprehensif dan berkualitas kepada para siswa dan santri.


Jadi kesimpulannya, jika Anda mencari lembaga pendidikan yang memadai untuk anak Anda di Kota Bandung, maka pesantren di Bandung dan SMA terbaik di Bandung dari Yayasan Al Ma'soem ini memang menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan. (cuy/)

×
Berita Terbaru Update