Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DPRD Jabar Usulkan 3 Nama Penjabat Gubernur Pengganti Ridwan Kamil

Kamis, 03 Agustus 2023 | 13:12 WIB Last Updated 2023-08-15T06:16:29Z
Inilah 3 nama yang diusung DPRD Jabar jadi kandidat Pj Gubernur Jabar


 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Rapat Pimpinan DPRD Jawa Barat mensepakati 3 nama yang akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kemendagri untuk menjabat (Pj) Gubernur Jabar menggantikan Ridwan Kamil yang akan berakhir masa jabatan pada 5 September 2023 mendatang.

Adapun ketiga kandidat Pj Gubernur Jabar tersebut terdiri dari : Asep N Mulyana saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kemudian Prof. Keri Lestari Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran. Dan  Bey Triadi Machmudin, SE, MT yang sudah dikenal wartawan sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, pada Sekretariat Presiden.

Wakil Ketua DPRD Jabar Dr Hj Ineu Purwadewi Sundari S.Sos, MM membenarkan bahwa hasil rapat pimpinan DPRD Jabar dan atas usulan dari Fraksi-fraksi, maka disepakati 3 nama tersebut.

Sebelum surat DPRD Jabar diserahkan  ke Pemerintah Pusat melalui Kemendagri, tentunya harus dilengkapi Biodata dari ke 3 nama yang bersangkutan. Setelah dilengkapi biodata yang bersangkutan, barulah nanti kita serahkan ke pusat melalui Kemendagri, kata Ineu Purwadewi usai rapat pimpinan di Gedung DPRD Jabar, Rabu (2 Agustus 2023).

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jabar drh H Achmad Ruyat M.Si menambahkan tiga nama terpilih dari Jawa Barat itu akan digabungkan bersama tiga nama lainnya yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri.

Pada akhirnya, Presiden RI yang akan menentukan siapa dari enam nama tersebut yang akan menjadi Pj Gubernur Jawa Barat.

“Dari DPRD ada tiga nama dan dari Kemendagri ada tiga nama, dan kewenangan Presiden yang menentukan siapa Pj Gubernur, dengan harapan sebelum 5 September sudah ada nama pengganti dan siap untuk pelantikan,” kata Achmad, Rabu.

Dengan berbagai usulan dan pertimbangan, katanya, maka terpilihlah tiga nama calon Pj Gubernur Jabar.

“Sesuai dengan amanat bahwa kami mengadakan rapat pimpinan di DPRD dan di fraksi untuk membahas, setiap fraksi mengajukan tiga nama sesuai amanat,” ujarnya.

“DPRD berharap Pj Gubernur bisa bertugas sesuai dengan peran dan fungsinya nanti, bisa melanjutkan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan baik mengkordinasikan pemerintah pusat maupun ke kabupaten kota secara sinergis,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu kandidat Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan belum bisa berbicara banyak karena hal ini masih dalam proses pengajuan, belum disahkan oleh Presiden RI.

“Terima kasih kepada DPRD, kami menjadi kandidat Pj Gubernur walaupun masih panjang prosesnya. Makanya kami belum bisa bicara lebih banyak karena masih kandidat,” katanya. (dbs/sein).

×
Berita Terbaru Update