Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Puncak Peringatan Hari Koperasi Tahun 2023 Tingkat Jabar, Dimeriahkan Expo Produk Unggulan dan Berikan 37 Penghargaan

Rabu, 23 Agustus 2023 | 17:13 WIB Last Updated 2023-08-23T10:13:30Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan sejumlah kegiatan pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023 tingkat Jabar yang digelar di Sentra Bisnis Koperasi (Senbik), Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (23/8/2023).


Rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023, dimulai dengan ziarah kubur salah satu pendiri Koperasi pada 12 Juli 2023 lalu. Selanjutnya, Dekopinwil Jabar menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Melalui Transformasi Inovasi Kita Wujudkan Kemandirian Koperasi', pada Selasa, 22 Agustus 2023.


Tepat hari ini, Rabu 23 Agustus 2023, puncak peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023 tingkat Jawa Barat, Dekopinwil Jabar menggelar rangkaian kegiatan. Mulai dari penyerahan penghargaan, Expo produk unggulan Koperasi dan UMKM Jabar, pentas seni dan ditutup dengan  kegiatan penyuluhan koperasi terhadap siswa/i pelajar SMA se Bandung Raya pada hari Kamis (24/8) besok.


Hal itu diterangkan oleh Wakil Ketua Panitia peringatan Hari Koperasi 2023 tingkat Jabar, Yaya Sunarya seusai acara, Rabu (23/8/2023).


Dijelaskan Yaya, semua rangkaian kegiatan peringatan Harkop diselenggarakan secara mandiri oleh Dekopinwil Jabar dan semua insan koperasi di Jawa Barat.


"Ini samasekali tidak menggunakan APBN, tidak menggunakan APBD Jawa Barat. Prinsip kami, Dekopinwil Jabar harus hidup. Hidup ini adalah udunan (sokongan). Jadi ini hasil dari sumbangan-sumbangan gotong royong dari koperasi dan insan koperasi yang ada di Jawa Barat," ujarnya.


Kegiatan ini dihadiri Ketua Dekopin Pusat, Nurdin Halid dan dihadiri seluruh Dekopinda di 27 Kab/Kota di Jawa Barat. Juga dihadiri sejumlah kepala daerah, Forkopimda Jabar, tokoh-tokoh Jabar, dan para tokoh perkoperasian serta tamu undangan kedinasan lainnya.


Pada puncak peringatan Harkop Tahun 2023, Dekopinwil Jabar memberikan sebanyak 37 penghargaan kepada tokoh penggerak koperasi, insan koperasi dan koperasi berprestasi. Salah satunya, Ketua Dekopinda Kota Bandung, Usep Sumarno menerima penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi Utama.


"Penghargaan-penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada tokoh penggerak koperasi, tapi juga kepada insan-insan koperasi berprestasi. Baik itu pengurus, pengawas, karyawan maupun anggota koperasi," jelasnya.


Penghargaan ini, kata Yaya, bukan semata untuk penghargaan tapi untuk mengkonsolidasikan insan koperasi secara internal.


"Apresiasi ini diberikan supaya meningkatkan kapasitas sumber manusia nya. Agar dalam pengelolaan, baik itu jadi pengurus, pengawas, karyawan maupun anggota bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.


"Karena koperasi ini adalah satu sistem yang tidak bisa dipisah-pisahkan antara fungsi pengurus, fungsi pengawas dan fungsi anggota. Salah satu saja ada yang stagnan, maka akan berpengaruh pada roda organisasi" imbuhnya.


Dengan penghargaan ini, lanjut Yaya, tujuannya sebagai trigger dan memicu supaya sumber daya manusia nya meningkat, kelembagaannya meningkat, organisasinya meningkat dan aspek usahanya meningkat.


Sementara, untuk Expo produk unggulan Koperasi dan UMKM Jabar. Kata Yaya, diikuti oleh sebanyak 40 Stan produk.


"Alhamdulillah tadi (tiap Stan produk) laku semua (ada pembeli)," ujar Yaya Sunarya yang ada peringatan Harkop tahun 2022 sebagai ketua panitia. (*)

×
Berita Terbaru Update