Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Melestarikan Seni-Budaya Jabar , Komisi V Dorong Seluruh Desa se Jabar Jadi Desa Wisata

Minggu, 24 September 2023 | 15:21 WIB Last Updated 2023-09-24T08:21:11Z
Inilah penampilan Seni-Budaya Jabar (foto:ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Provinsi Jabar memiliki cukup banyak seni-budaya warisan leluhur nenek moyang.  Namun kini, sudah cukup banyak pula yang punah. Untuk itu, DPRD Jabar melalui Komisi V sangat mendorong perlestarian seni-budaya Jabar .

Setiap daerah di Jabar memiliki aneka seni budaya, untuk itu, agar seni budaya Jabar hidup kembali, tentunya maka Komisi V DPRD Jabar  juga sangat mendorong seuruh desa di Jabar menjadi desa wisata, kata Sekretaris Komsi V DPRD Jabar H. Memo Hermawan saat ditemui di gedung DPRD Jabar belum lama ini.

Dikatakan Memo Hermawan, dalam upaya pengembangan Desa Wisata,  Provinsi Jabar sudah memiliki payung hukum yaitu berupa Perda No 2 tahun 2022 tentang Desa Wisata.

Dalam Perda tersebut, mendorong agar seluruh desa di Jabar dapat menjadi Desa Wisata dengan potensi yang dimiliki, sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang dan menikmati wisata selama di desa yang yang dikunjungi.

Untuk menambah daya tarik wisatawan tentunya perlu ada penampilan seni budaya lokal. Nah, disinilah kita dorong masyarakat setempat terutama pelaku seni budaya untuk dapat unjuk ketrampilan seni-budaya di hadapan para wisatawan yang ada, ujar Memo Hermawan.

Politisi senior PDIP Jabar ini menambahkan, Komisi V yang membidangi Kesejahtaraan Rakyat salah satu Seni-Budaya di bawah Dinas Peariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Disparbud Jabar  memiliki dua mitra yaitu, urusan Kepariwisataan mitra Komisi II , sedangkan urusan Kebudayaan ( Sni-budaya) bermitra dengan Komisi V. Namun, dalam hal pengembangan Desa Wisata, tentunya Komisi II dan V saling mensupport, untuk kemajuan desa wisata terutama dalam melestarikan seni budaya lokal setempat, ujarnya.

Lebih lanjut H. Memo mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jabar bahwa dari 5.800 lebih desa di Jabar , sebanyak  1175 desa di Jabar adalah kawasan Desa Wisata, dan 3192 desa di Jabar memiliki produk unggulan.

Masih berdasarkan data dari Dinas PMD Jabar,  bahwa masih ada 17 desa yang bahkan tidak terjangkau sinyal seluler, 69 belum tersentuh jaringan internet, 269 desa hanya memiliki sinyal 2G, dan 2644 desa baru terjangkau jaringan 3G dan 4G.

Dari data yang disampaikan Dinas PMK Jabar,  tentunya perlu terus didorong agar seluruh desa se Jabar baik sebagai desa Kawasan urban maupun rural untuk menjadi desa digital. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, termasuk juga mempromosikan potensi desa menjadi desa wisata, tandasnya. (Adib/sein).

 

×
Berita Terbaru Update