Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Memo Hermawan : Kabupaten Garut Masuk Strategis Pengembangan Jabar bagian Selatan

Sabtu, 23 September 2023 | 23:20 WIB Last Updated 2023-09-23T16:20:04Z
Anggota DPRD Jabar H.Memo Hermawan dari Dapil Kab.Garut (foto:ist).



GARUT, Faktabandungraya.com,-- Berdasarkan Perda Provinsi Jabar No 28 tahun 2010 tentang Pembangan Wilayah Jabar  bagian Selatan tahun 2010-2029, Kabupaten Garut masuk dalam pengembangan strategis Jabar Selatan.

Menurut anggota DPRD Jabar H. Memo Hermawan, walaupun Kabupaten Garut masuk wilayah strategis pengembangan  Jabar Selatan sejak disahkankannya Perda No 28 tahun 2010, namun, hingga kini perkembangan pembangunan di Kabupaten Garut bagian selatan masih sangat kurang dibandingkan perkotaan atau wilayah lain di Kabupaten Garut.

Selaku mantan Bupati Garut, H.Memo Hermawan yang kini menjadi anggota DPRD Jabar bersama anggota DPRD Jabar dari Dapil Kab. Garut terus berupaya memperjuangkan pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Kab. Garut.

Di dalam Perda No 28/2010 pada  Pasal 6 disebutkan bahwa Kabupaten Garut termasuk ke dalam salah satu kabupaten yang harusnya menjadi pengembangan Jabar Selatan.

Diantaranya meliputi Kecamatan Cisewu, Kecamatan Caringin, Kecamatan Telegong, Kecamatan Bungbulang, Kecamatan Pamulihan, Kecamatan Pakenjeng, Kecamatan Cikelet, Kecamatan Pameungpeuk, Kecamatan Cibalong, Kecamatan Cisompet, Kecamatan Peundeuy, Kecamatan Singajaya, Kecamatan Cihurip, Kecamatan Cikajang, Kecamatan Banjarwangi dan Kecamatan Mekarmukti.

Dalam Perda ini juga disebutkan bahwa kebijakan dan strategi pengembangan Jabar Selatan itu dijelaskan dalam pasal 8 ayat (6) yaitu Pengembangan wilayah Jawa Barat bagian Selatan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah (Provinsi) bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten di Jawa Barat bagian Selatan, jelasnya.

Politisi senior PDIP Jabar ini juga mengatakan, wilayah Garut Selatan sebagai bagian dari pengembangan strategis wilayah Jabar selatan sudah seharusnya dilakukan perbaikan dan pembenahan sara-prasana pendukung infrastruktur dasar, seperti infrastruktur jalan, rambu-rambu jalan, PJU, Pendidikan dan Kesehatan.

Dukungan infrastruktur dasar sangat penting mengingat Garut Selatan menjadi jalur pariwisata menuju Jabar bagian selatan. Untuk itu, kita sangat mendorong segera terwujudnya daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Garut Selatan (Garsel). Sehingga, wilayah menjadi Garut Selatan menjadi daerah otonom    yang dapat mempercepat pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut Selatan, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update