Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

BIJB Kertajati Beroperasional Penuh, Eryani Sulam : Meningkatnya Penumpang Berdampak Positif Bagi Masyarakat Ciayumajakuning

Senin, 13 November 2023 | 11:22 WIB Last Updated 2024-02-29T02:01:07Z
Bandara BIJB Kertajati - Majalengka Jawa Barat (foto:ist)


INDRAMAYU, Faktabandungraya.com,--  Sejak beroprasional penuh pada 29 Oktober 2023 lalu hingga kini jumlah penumpang  yang berangkat dan datang melalui Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka terus meningkat.

Adanya peningkatan aktivitas penerbangan dan bertambahnya penumpang melalui Bandara BIJB tentunya akan bedampak positif bagi masyarakat Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning).

Anggota DPRD Jawa Barat H.Eryani Sulam, M.Si dari daerah pemilihan Jabar XII ( Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) mengatakan, Alhamdulillah sejak BIJB Kertajati beroperasional pada 29 Oktober lalu, berdasarkan data dari PT.BIJB (Perseroan) jumlah penumpang terus meningkat. Bahkan per 10 November sudah mencapai 17.000 lebih.

“Peningkatan jumlah penumpang di BJIB Kertajati  menjadi awal yang baik bagi BIJB Kertajati untuk terus berkembang  dan menjadi bandara pilihan utama bagi masyarakat Jabar. Karena, BIJB merupakan Bandara kebanggaan masyarakat Jabar  yang dibagun dari APBD Jabar.  Bahkan cukup besar dana ABPD Jabar tersedot untuk pembangunan BIJB Kertajati”.

Demikian dikatakan H. Eryani Sulam saat mintai tanggapannya terkait perkembangan Bandara BIJB Kertajati setelah beroperasional penuh, Senin (13/11/2023).

Dikatakan, beberapa waktu lalu, pimpinan dan Anggota DPRD Jabar melakukan  kunjungan kerja ke Badara BIJB Kertajati, untuk mengetahui kondisi dilapangan dan perkembangannya.

Eryani mengatakan, berdasarkan keterangan dari pihak Manajemen PT.BIJB bahwa ada tujuh rute penerbangan pesawat mesin jet yang telah beralih dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJK Kertajati Majalengka.

Adapun ke tujuh rute tersebut yakni dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makasar, Medan dan Palembang.

Sedangkan maskapai penerbangannya adalah Air Asia, Super Air Jet dan Citilink  dengan jadwal penerbangan setiap hari.

Politisi Nasdem Jabar ini menambahkan, ada tiga rute yang termasuk favorit yaitu rute  Kertajati-Denpasar, dan rute Kertajati Balikpapan dan Medan juga cukup tinggi.

Saat ditanya, apa dampak positif bagi daerah Ciayumajakuning ?..   Ya, dampak positifnya, sangat banyak, diantara, diseputar kini mulai tumbuh dan berkembang Hotel, Restoran, termasuk juga bagi pelaku UMKM.

Kita sudah melihat langsung beberapa karya UMKM dari wilayah Ciayumajakuning sudah ada talent-talent dan kios-kios produksi UMKM Jabar terutama dari Ciayumajakuning.

“ Disediakannya  ruang atau tempat untuk pelaku dan karya UMKM Jabar menjual sekaligus mempromosikan  produknya di Bandara BIJB tentunya menambah peningkatan perekonomian masyarakat Ciayumajakuning”, ujarnya.  

Eryani juga menambahkan, DPRD Jabar minta kepada Pemprov Jabar melalui OPD terkait, agar karya UMKM yang dipasarkan dan dipromosikan di BIJB Kertajti terus dilakukan pembinaan, sehingga pelaku UMKM dalam memproduksi karyanya benar berkualitas dan bermutu, dengan ciri khas muatan lokal.

“Kita dorong karya UMKM Jabar mendunia dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat yang membeli cindramata karya UMKM Jabar. Semakin banyak terjual produksi UMKM terjual, tentunya secara tidak langsung meningkatkan perekonomian masyarakat”, tandsnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update