Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Potensi Besar Kabupaten Indramayu Bidang Perikanan dan Pertanian

Rabu, 08 November 2023 | 13:23 WIB Last Updated 2023-11-16T17:41:57Z
Anggota  DPRD Jabar H.Eryani  Sulam M.Si dari Fraksi Nasdem (foto:ist).


 
INDRAMAYU, Faktabandungraya.com,--Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah yang memiliki poensi besar di sector Perikan-Kelautan dan Pertanian. Namun, sayang hingga kini kondisi masyarakat Kabupaten Indramayu masih jauh dari sejahtera.

Masih jauhnya kesejahteraan masyarakat Indramayu, masih besarnya angka kemiskinan dan rendahnya indek pendidikan tentunya menjadi PR besar bagi pemerintah Kabupaten Indramayu dan Provinsi Jabar.

Anggota DPRD Jabar H. Eryani Sulam, M.Si membenarkan bahwa hingga saat ini masih bayak PR yang harus diatasi dan diselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Indramayu dan Provinsi Jabar. Diantaranya PR besar tersebut adalah Indik Pendidikan, Angka Kemiskinan dan Keternagakerjaan.

Namun, disisi lain, Kabupaten Indramayu memilki potensi besar disektor Perikanan-Kelautan dan Pertanian. Bahkan dari sector perikanan, Indramayu selama ini mampu menyumbang 40 persen kebutuhan akan ikan di bagi masyarakat Jabar.

Untuk sector pertanian, Kabupaten Indramayu juga mampu menyumbang kebutuhan pangan bagi masyarakat Jabar,  kata Eryani Sulam saat dimintai tanggapannya terkait  potensi dan PR besar kabupaten Indramayu, Selasa (7/11/2023).

Dikatakan Eryani,  sebagai anggota DPRD Jabar dirinya bersama 11 anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XII ( Kab/kota Cirebon-Kab Idramayu)  terus berupaya agar Kabupaten Indramayu mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Jabar melului program bantuan keuangan daerah.

“Jadi sebenarnya sudah ada upaya kita untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu, terutama bagi keluarga nelayan dan petani melalui dana bantuan keuangan daerah. Selain itu, kita juga ada Perda Perlindungan Petani dan Nelayan  serta asuransi bagi bagi petani da nelayan”, ujar politisi Nasdem Jabar ini.

Adapun terkait, asuransi bagi petani da nelayan, memang masih belum optimal, padahal dengan ada Perda tersebut, tadinya kita sagat berharap seluruh keluarga petani dan nelayani sebagai penerima manfaat dari asuransi.   Sehingga bila terjadi gagal panen para petani mendapatkan ganti rugi dari pemerintah.  Termasuk juga kalau nelayan tidak bisa melaut  atau terjadi  dapat subsidi, ujarnya.

Lebih lanjut, Eryani Sulam mengatakan, sector pertanian di kabupaten Indramayu harus tetap dipertahankan jangan sampai tergerus menjadi kawasan industry, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update