Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Permudah Kontrol dan Rekap KTP-el, Disdukcapil Kota Bandung Luncurkan Aplikasi Monalisa

Jumat, 08 Maret 2024 | 23:39 WIB Last Updated 2024-03-10T16:45:35Z
Kadisdukcapil Kota Bandung Tatang Muchtar :program Monalisa berbasis TI


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--Untuk mudahkan mengontrol, me-review dan merekap dokumen pengajuan, perekaman dan pengecekan KTP-el, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung meluncurkan inovasi aplikasi Monitoring Aktivitas Layanan Administrasi Admindukcapil (Monalisa).

Melalui Monalisa, dapat diperoleh data yang lengkap dan akurat terkait dengan pelaksanaan perekaman KTP-el.

Aplikasi Monalisa tersebut diluncurkan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna di Hotel Horison Bandung, Kamis 7 Maret 2024.

Ema berharap, aplikasi ini dapat mempermudah kinerja Disdukcapil dalam perekaman dan pengecekan KTP-el. Apalagi saat ini Disdukcapil sedang menghadapi percepatan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula untuk Pilkada serentak 2024.

"Data adalah kunci untuk peningkatan kualitas. Kalau sekarang aplikasi terus kita bangun karena memang kebutuhan. Berikan kemudahan kepada masyarakat," kata Ema.


Sekdakot Bandung menekon tombol peluncuran Program Monalisa

 
"Monalisa ini lebih ke internal. Sekali lagi inovasi adalah kebutuhan jangan pernah berhenti memberikan layanan prima bagi masyarakat," imbuhnya.


Ia menyebut, strategi Pemkot Bandung dalam manajemen penyelenggaraan pemerintahan ada tiga hal yakni inovasi, kolaborasi dan desentralisasi. Berkenaan dengan inovasi, di Kota Bandung ada 390 aplikasi layanan publik.

Disdukcapil, kata dia, menjadi salah satu OPD yang sangat produktif karena saat ini punya 27 aplikasi layanan publik.

"Ini tentunya bagian dari reformasi birokrasi. Alhamdulillah Kota Bandung sekarang RB (Reformasi Birokrasi) baik general dan tematik sudah mendapatkan A. Ini harus terimplementasi dalam kualitas layanan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muchtar mengatakan, aplikasi Monalisa merupakan inovasi berbasis teknologi informasi dimana layanan Disdukcapil yang tersebar di 30 kecamatan dan gerai layanan istimewa.

"Melalui aplikasi ini akan dapat dengan mudah dikontrol dan kemudian mereview dan merekap dari dokumen KTP-el yang sudah tercetak maupun sisa blanko yang masih tersedia," ungkapnya. (rob/red).

×
Berita Terbaru Update