Yossi : Meningkatkan Pelayanan Publik Berintegritas Dan Berkualitas

Yossi Irianto, Sekdakot Bandung ( foto: istimewa)
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Sekretaris Daerah kota Bandung Yossi Irianto mengatakan, Pemerintah Kota Bandung terus berupaya dan inovasi meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga demi memberikan rasa kepuasan masyarakat.

Berkat upaya yang telah dilakukan Pemkot Bandung berserta jajarannya (Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam meningkatkan pelayan public, membuahkan hasil dengan mendapatkan apresiasi dari Ombdsman RI berupa rapor hijau. Hal ini telah jauh meningkat dibandingkan dengan kondisi pada tahun 2013 lalu.

Menurut Yossu, di tahun 2013, rapor kita banyak merahnya. Tren positifnya mulai muncul di 2015, ada 8 SKPD yang repotnya merah. Tahun 2016 sudah kita perbaiki. Ini juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat," ungkap Yossi usai menghadiri kegiatan Sosialisasi Ombudsman RI di Ruang Serba Guna Balai Kota Bandung, Minggu (27/08).

Untuk itu, guna mendongkrak kepuasan publik, Pemerintah kota juga membuka seluas-luasnya pintu akses terhadap informasi. Dengan kekuatan teknologi informasi, pemerintah kota membangun sistem tata kelola pemerintahan dengan konsep smart city.

Yossi juga mengatakan, konsep ini sangat sesuai diterapkan di Kota Bandung di mana sebagian besar warganya telah memiliki literasi yang baik terhadap teknologi. Ia menambahkan, diperkirakan 85-95% warga telah memiliki literasi teknologi yang memadai.

"Makanya Ombudsman memberikan opsi, masyarakat harus diberikan pilihan cara-cara komunikasi yang bisa diterjemahkan oleh masyarakat," imbuhnya.

Penggunaan smart city ini, lanjut Yossi, adalah bagian dari perbaikan. Menggunakan teknologi, standar pelayanan menjadi lebih ditingkatkan. Cara ini merupakan inovasi dalam menjalankan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Perwakilan Ombudsman RI Alvin Lie menuturkan bahwa peran serta masyarakat dalam upaya perbaikan pelayanan publik juga sangat signifikan. Lebih jauh, hal itu diatur langsung dalam Undang-Undang.

"Maka dari itu, Ombudsman merasa perlu terus melibatkan masyarakat dalam melaksanakan pengelolaan negara yang lebih berkualitas melalui pelayanan publik yang semakin baik," katanya.

Ia menambahkan, Ombudsman akan terus menjaring partisipasi masyarakat untuk mereformasi pola-pola pelayanan yang masih belum memadai. Bersama-sama masyarakat, pemerintah berkolaborasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan berkualitas. (hms/red).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar