RAPBD 2018, Pemprov dan DPRD Jabar Sepakati Sektor Pendidikan Tetap Skala Prioritas Utama

Ineu Purwadewi Sundari, Ketua DPRD Jabar
(foto : husein). 
JABAR, FAKTABANDUNGRAYA.COM,--Sektor pendidikan merupakan salah satu indikator peningkatan IPM, untuk Perintah Provinsi dan DPRD Jabar, bersepakat menjadikan sektor Pendidikan sebagai program Prioritas. Apalagi kini kewenangan pengelolaan SMA/SMK sudah beralih ke provinsi. Untuk itu, tentunya menjadi tugas bersama untuk meningkatkan mutu / kualitas pendidikan, apalagi sampai saat ini Angka Partisipasi Kasar (APK) Jabar masih jauh dibawah APK Nasional.

Menurut Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, bahwa sektor Pendidikan merupayan pelayanan dasar yang harus dipenuhi, hal ini diperkuat dengan UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk itu, setiap pembahasan dan penyusunan RAPBD, sektor Pendidikan mendapatkan anggaran terbesar.

Dalam anggaran tahun 2017, APBD Jabar cukup besar mendapatkan tambahan DAU/DAK dari Pusat, namun tambahan tersebut diperuntukan untuk gaji Guru dan Tata Usaha PNS. Karena Guru dan TU SMA/SMK sudah dibawah kewenangan Provinsi. Namun, bukan berarti terjadi pengurangan jatah DAU/DAK Kabupaten/kota.

“Perlu diketahui bahwa anggaran pusat yang masuk ke provinsi adalah untuk gaji Guru dan TU PNS yang notabene menambah jumlah PNS Provinsi Jabar yang semula 17ribuan manjadi 41 ribuan”, ujar Ineu Purwadewi Sundari kepada wartawan saat ditemui usai sidang paripurna pengajuan Nota RAPBD Jabar 2018, pada, Senin (18/09).

Ineu mengakui, bahwa memang benar ada peningkatan DAU/DAK untuk provinsi, bukan saja untuk gaji tapi juga untuk peningkatan sarana-prasarana, SMA/SMk, Peningkatan kualitas guru termasuk juga untuk peningkatakan siswa yang cukup. Hal ini agar supaya di Jabar ini dapat terpenuhi. Bahkan pada tahun anggaran 2017 ini, kita menganggarkan untuk sektor pendidikan hampir mencapai 40%.

Dikatakan, pada tahun 2017 ini, kita hanya diberikan tambahan oleh pusat hanya untuk gaji guru dan TU Sekolah, tapikan untuk meningkatkan APK bukan saja dibutuhkan untuk gaji Guru dan TU PNS, tetapi dibutuhkan juga untuk menambah Sarana-Prasarana , SDM Guru dan siswa. Hal ini tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Untuk itu, pada prinsipnya dewan mendorong pihak Disdik Jabar untuk membuat program inovasi dalam rangka mengajar peningkatan APK. Tetapi tentunya sebelum kita setujui akan terlebih dahulu kita koreksi, apakah program dan anggaran yang diajukan pihak Disdik Jabar realitis atau tidak, tandasnya. (sein).

Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar