Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sebanyak 15 Kabupaten/ Kota di Jabar Terima Anugrah Kota Layak Anak 2017

Minggu, 23 Juli 2017 | 10:16 WIB Last Updated 2017-07-24T04:56:01Z
PEKANBARU, FAKTABANDUNGRAYA.COM, -- Sebanyak 15 Kabupaten/kota di Jawa Barat menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memberikan anugerah Kota Layak Anak 2017.

Penganugerahan, atau penghargaan diberikan dari hasil penilaian terhadap 24 indikator Kinerja Kota layak anak, yang diurai pada 135 variabel.

Yohana mengapresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinobatkan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak pada tahun 2017 ini ada sebanyak 126 Kab/kota , 15 diantaranya diraih oleh Kab/kota di Jabar.

Penilaian anugrahan Kota Layak Anak 2017, tentunya tidak terlepas dari keberhasilan Kabupaten/Kota dan Provinsi sebagai penggerak untuk mewujudkan Kabupaten/Kota menjadi kawasan yang ramah anak. Ujar Yohana di SKA Co Ex, Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/07) malam.

Berikut Kabupaten/ Kota di Jawa Barat peraih anugerah diantaranya; -Kabupaten/ Kota Layak Anak Kategori Nindya: 1. Kota Depok; 2. Kabupaten Bogor

Kabupaten/ Kota Layak Anak Kategori Madya: 1. Kota Bandung; 2. Kota Bekasi . Sedangkan Kabupaten/ Kota Layak Anak Kategori Pratama: 1. Kabupaten Ciamis ; 2. Kabupaten Cirebon; 3. Kota Cirebon; 4. Kabupaten Cianjur; 5. Kota Banjar; 6 Kabupaten Bandung; 7. Kota Bogor; 8. Kabupaten Kuningan; 9. Kota Sukabumi; 10. Kota Cimahi; 11. Kabupaten Bandung Barat

Sementara Provinsi Jawa Barat sendiri dianugerahi penghargaan pada kategori, 'Pengembangan Forum Anak Terbaik' untuk Wilayah Barat, serta sebagai 'Provinsi Penggerak Kabupaten/ Kota Layak Anak.' Penghargaan diterima langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

Adapun penganugerahaan pada kategori, 'Akte kelahiran Anak Pratama,' yang diberikan kepada Kabupaten/ Kota yang menggalakan pembuatan Akte Kelahiran di wilayah kerjanya. Di Jawa Barat, penghargaan ini berhasil diraih oleh, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang.

Tak sampai disitu, Kategori 'Sekolah Layak Anak Terbaik' pun berhasil diraih oleh SMA Negeri 15 Bandung. Tak Ketinggalan, Kategori 'Tunas Muda Pemimpin Indonesia' berhasil disabet perwakilan dari Kota Depok, Fayanna Ailisha Davianny, untuk kategori Sekolah Dasar (SD), serta perwakilan dari Kota Sukabumi, Lisan Shidqi Zul Fahmi, untuk kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengucapkan apresiasi terhadap kabupaten/kota serta pihak-pihak yang berhasil mengharumkan nama Jawa Barat pada Anugerah yang diberikan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2017 ini.

Ia pun menegaskan bahwa pihaknya akan berkomitmen, untuk terus mencanangkan program-program yang ramah untuk anak. Contohnya kata Aher, seperti 'Jabar Tolak Kekerasan,' kemudian ada program 'anfi-traficking,' serta berbagai program lainnya yang dikawal peraturan daerah yang mendukung terciptanya kawasan yang layak anak.

Aher juga mengatakan bahwa Jawa Barat saat ini tengah merancang program Sekolah Ramah Anak yang akan dinamai, 'Sekolah Rumah Kedua.' Apabila program ini berhasil diterapkan di tingkat SMA/SMK/MA, maka kedepan program ini akan diterapkan di segala jenjang pendidikan di seluruh sekolah di Jawa Barat.

"Alhamdulillah Kabupaten/ Kota yang masuk kategori Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA), itu berjumlah 15 dari 27 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Barat. Sementara tahun lalu hanya enam Kabupaten/ Kota. Bagus peningkatannya, Mudah-mudahan tahun depan bisa seluruhnya," kata Gubernur Aher usai menerima penghargaan. (hms/red).
×
Berita Terbaru Update