Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemkot Bandung Targetka PTSL Tahun 2017 Dapat Selesai

Selasa, 08 Agustus 2017 | 21:13 WIB Last Updated 2017-08-09T06:12:16Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM, ---Sekretaris daerah Kota Bandung Yossi Irianto menghimbau kepada masyarakat agar segera memanfaatkan peluang baik yang digagas oleh pemerintah pusat dan BPN Kota Bandung mengenai percepatan Sertifikat tanah.

Menurut Yossi, peluang baik ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk percepatan sertifikat tanah. ini merupakan hak atas tanah dan kepastian hukum yang mutlak,"jelasnya pada Rapat Koordinasi Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Balai Kota Bandung, Senin (7/8).

Dikatakan, peran pemerintah dalam kegiatan PTSL tersebut berperan aktif dalam mengkoordinir masyarakat serta membantu dalam penyediaan data data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan dan sebagai penghubung antara aparat BPN dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut , Yossi berpesan khusus kepada lurah dan camat harus berperan aktif kepada setiap warganya. Teliti satu persatu objek yang dikuasinya."ujar Yossi.

"Peran tugas camat lurah bersama sama memberikan pengertian kepada masyarakat agar tanah yang dimiliki mempunyai surat yang sah dari negara,"jelasnya.

Sementara itu menurut Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandung Eliyas B. Tjahajadi, PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kalinya yang dilakukan secara serentak. Kegiatan tersebut meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum bersertifikat ataupun sudah bersertifikat dalam suatu wilayah.

Ditambahkan Eliyas, adapun manfaat PTSL bagi pemerintah berguna untuk perencanaan wilayah kota berbasis bidang tanah. Manfaat untuk masyarakat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak atas tanah dan bagi dunia usaha memperoleh kemudahan akses informasi dan percepatan perizinan.

Lanjutnya, untuk kegiatan yang sudah dilakukan sampai dengan bulan Agustus 2017 itu antara lain sosialisasi dengan camat dan lurah pada bulan Maret, Kegiatan penyuluhan, pengukuran maupun pengumpulan data yuridis.

Selain itu untuk terselenggaranya kegiatan PTSL dengan lancar, bekerjasama dengan Pemkot untuk memberikan sarana dan prasarana serta sosialisasi melalui media cetak.

"Capaian yang di dapat hingga bulan Agustus 2017 belum signifikan. Dari target 93 ribu, hanya 9 persen pencapaian. Hal tersebut terjadi karena jumlah kerja kelompok di lapangan tidak sebanding dengan volume target dan luas wilayah dan kurang partisipasi atau respon dari masyarakat,"jelasnya.

Eliyas berharap di tahun 2017 PTSL berjalan dengan lancar. Untuk mencapai target, maka kegiatan tersebut harus merubah metode kerja. Diantaranya menambah jumlah tim, melibatkan peran serta aktif seluruh unsur kelurahan, kecamatan, RT/RW.

"Mudah mudahan target untuk kota Bandung berjalan lancar dalam percepatan sertifikat tanah,"pungkasnya. (hms/red).

×
Berita Terbaru Update