Yunandar : Organisasi Tani Harus Menjadi Garda Terdepan Bagi Dunia Pertanian


Yunandar Eka Perwira,Anggota Komisi II DPRD Jabar 
BANDUNG, (FBR.Com),---Anggota Komisi II DPRD Jabar, R Yunandar Eka Perwira mengatakan, kaum petani sampai saat ini merupakan golongan masyarakat yang masih termarjinalkan dari masalah kapasitas, serta pendidikannya mereka termasuk paling rendah di Jawa Barat. Untuk itu dengan adanya beberapa organisasi tani diharapkan menjadi nafas segar bagi sektor pertanian di Indonesia.

Menurut Yunandar Eka, kehadiran organiasi tani ditengah-tengah petani, tentunya dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan pertanian, khususnya di Jawa Barat. Organisasi tani saat ini berperan sebagai garda terdepan dan penting bagi kemajuan dan perkembangan dunia tani.

“Saya kira organisasi seperti ini sangat penting untuk menjadi bagian dari usaha memajukan petani petani di indonesia, khususnya di Jawa Barat” ,ujar Yunandar kepadawartawan di Bandung.

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan ini, organisasi tani seperti Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) merupakan sesuatu yang baik, diharapkan menjadi sebuah organisasi yang menjadi payung dalam memperjuangkan dan memajukan petani.

HKTI selain harus melakukan kolaborasi dengan para petani, juga saat ini dibutuhkan kolaborasi dengan pemerintah dan pihak-pihak lain. “Seperti perbankan, karena kita ketahui selama ini, petani itu adalah salah satu pelaku usaha yang paling sulit memperoleh akses permodalan.” Ujar anggota DPRD dari Dapil Jabar I ini.

Sektor permodalan masih menjadi salah satu persoalan yang paling banyak dirasakan para petani, karena itu diharapkannya, sektor perbankan dapat bahu membahu untuk memajukan petani di Jawa Barat. “Ini harus diperjuangkan bersama, sektor perbankan memang memiliki peranan yang besar.”ujarnya.

Terakhir Yunandar berharap. ketika organisasi itu berkumpul dapat merumuskan langkah-langkah kedepannya, karena hal-hal itu menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kemajuan petani di Jawa Barat” katanya.

Diyakininya . Ada tahapan-tahapan dimana suatu saat petani Jawa Barat menjadi petani yang sejahtera bisa terwujud. (sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.