Hadadi : Teknologi Informasi Komputer Membantu Pendidikan dan POD

BANDUNG, (faktabandungraya.com),--- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mendorong teknologi informasi komputer memudahkan akses pendidikan bagi penduduk usia dewasa. Menurutnya, perkembangan sistem pembelajaran dari dapat membantu masyarakat mengakses pendidikan.

Ia menyampaikan hal itu dalam kegiatan Seminar Internasional dengan tema “Pendidikan dan Pembelajaran Orang Dewasa (POD) : Janji, Pemasalahan dan Peluang Pembelajaran dalam Daring Terbuka, di Harris Hotel and Conventions Jalan Peta, Bandung pada Rabu (18/12/17). Kegiatan itu direncanakan berakhir pada Jumat (20/12/2017).

“Dengan aplikasi TIK ini maka pendidikan bisa dilaksanakan di mana saja, termasuk untuk pendidikan masyarakat. Tidak adanya hambatan,” ujar Hadadi.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Barat bersama UNESCO Insitute for Life Long Learning (UIL), Hamburg-Germany dan the Southeast Asian Ministers of Education Organisation Regional Center for Life Long Learning dan Vietnam.

Tujuan forum ini adalah untuk memberikan keberpihakan dan meningkatkan ketersediaan akses pendidikan penduduk usia dewasa, akses terhadap layanan berbasis masyarakat dan partisipasi di masyarakat.

Data dari UNESCO Institute for Lifelong Learning pada 2016 menyebutkan dengan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai bidang, ikut menuntut setiap orang, terutama remaja dan dewasa, untuk ikut mengembangkan kemampuannya. Akan tetapi, masih tingginya angka buta aksara (remaja dan dewasa) di dunia membuktikan kurangnya kesempatan mengakses pendidikan. Oleh karena itu, forum tersebut dilaksanakan.

Forum ini dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri atas pemerintah, akadmisi, pendidik dan tenaga kependidikan, dan para ahli di bidang POD dari lembaga pemerintah, oganisasi masyarakat sipil, dan mitra pembangunan lainnya. (disdik/red)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.