DPRD Jabar Berharap 'Teknologi Tepat Guna VII' Tunjang Perekonomian

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Pj Gubernur Jawa Barat H Mochamad Iriawan bersama para pemenang Teknologi Tepat Guna VII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 di Lapangan Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat.

DPRD Provinsi Jawa Barat berharap melalui Gelar Teknologi Tepat Guna VII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menunjang perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bagus (inovasi) berbasis teknologi yang dikembangkan oleh masyarakat dan mampu memberdayakan perekonomian” ucap Ketua Komisi I Syahrir saat menghadiri pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna VII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 di Lapangan Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Rabu yang lalu (8/8/2018).

Syahrir menjelaskan pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia pun berharap dari hasil gelaran ini dapat melahirkan inovasi-inovasi dari setiap daerah dapat dimanfaatkan secara menyeluruh oleh masyarakat serta mendorong masyarakat untuk terus berinovasi sebagai salah satu upaya peningkatan ekonomi desa.

“Kita akan selalu dukung hal positif tersebut tentunya sesuai tugas dan fungsi DPRD. Kita berharap ada inovasi dari setiap daerah yang bisa menunjang perekonomian dengan memanfaatkan teknologi tepat guna ini” kata Syahrir.

Gelar Teknologi Tepat Guna VII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 ini diikuti oleh kabupaten kota di Jawa Barat, dan dibina secara langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat H Mochamad Iriawan menginginkan karya inovasi teknologi tepat guna dapat diterapkan oleh masyarakat di seluruh Jawa Barat.

Salah satunya inovasi teknologi tepat guna hasil karya masyarakat desa di Kabupaten Indramayu yaitu alat pemberi pakan otomatis tanpa mesin, mampu mengurangi ongkos kerja pada budidaya perikanan.

“Ini harus diaplikasikan masyarakat Jabar ya karena potensi perikanan kita sangat besar, alatnya murah tapi manfaatnya besar,” kata Iriawan.

Menurut dia, alat pakan ternak mandiri tersebut hanyalah satu dari puluhan inovasi terbaik yang ditampilkan pada gelar tersebut.Ia menambahkan, semua karya inovasi yang ditampilkan pada kegiatan tersebut sudah bertaraf nasional bahkan internasional. Iriawan pun mendorong inovasi itu pun bisa menjadi daya saing perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan.

“Saya lihat inovasinya sudah tingkat nasional tadi saya lihat stand satu-persatu luar biasa sangat membanggakan karya masyarakat Jabar ini dan nantinya akan memberikan daya saing dan meningkatkan perekonomian,” tutur Iriawan.

Ia menghimbau kepada setiap bupati, walikota untuk memperhatikan dan mendukung inovasi dan kreativitas masyarakatnya baik dari segi pembiayaan maupun akses.

“Harus didukung oleh tiap kepala daerah bagaimana meningkatkan inovasi masyarakatnya ke tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Melalui gelar TTG ini, Iriawan berharap akan mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dalam hal TTG.

“Gelar ini untuk memotivasi masyarakat khususnya di desa untuk terus berkarya,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari Pj Gubernur Jawa Barat H Mochamad Iriawan unsur Forkompinda Jawa Barat, Bupati Walikota se-Jawa Barat dan unsur-unsur terkait lainnya. (Red/dbs)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.