Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy Tinjau Lokasi Persemaian RHL Bibit Tanaman Endemic di Sumedang

Sumedang, faktabandungraya.com,-- Untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan dan kesiapan bibit tanaman endemik, Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy ,Ir. R. Dodi Susanto, MP didampingi Dandim 0610/ Sumedang beserta jajaran unsur dari Korem 062/ Tarumanagara, Kepala BBKSDA Jabar, dan Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jabar melaksanakan kunjungan kerja ke lokasi Persemaian RHL di yang dikelola Paguyuban dibawah Binaaan Balai konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, yang berlokasi di Blok Petambon Desa Cilembu kecamatan Pamulihan Kab. Sumedang.

Menurut Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy , Dodi Susanto peninjauan ini kita lakukan untuk melihat dan mengetahui kesiapan bibit tanaman. Jenis tanamannya adalah jenis tanaman endemik.

Berdasarkan data dari BBKSDA Jabar terdapat 27 jenis tanaman endemic yang sudah ditetapkan BBKSDA Jawa Barat. Untuk wilayah Taman Buru Kareumbi Gunung Masigit rencana akan ditanam beberapa jenis tanaman endemic yang telah memenuhi spek untuk ditanam,jenis tanaman diantaranya Manglid, Salam, Huru, Kicangkudu, Kisireum, puspa, Ganitri, dll.

Pelaksanaan Kegiatan RHL Rawan/ Pasca Pencana di wilayah Hutan Lindung BBKSDA Jabar ini dilaksanakan pada tahun 2018, berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara BPDASHL Cimanuk Citanduy dan BBKSDA Jawa Barat dengan Asisten Terirorial KASDAM III/Siliwangi, tanggal 21 September 2018. Tentang Pelaksanaan Pembuatan Tanaman RHL Rawan Bencana di wilayah BBKSDA Jawa Barat Nomor: 681/BPDASHL.CKY-3/9/2018, Nomor :PKS.447/K.1TU/TU.2/9/2018 dan Nomor: 12/PKS/IX/2018, tgl 21 September2018.

Berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara BPDASHL Cimanuk Citanduy dan BBKSDA Jawa Barat dengan Asisten Terirorial KASDAM III/Siliwangi tersebut, telah disepakati persemaian pembibitan tanaman endemic yang berlokasi di Kabupaten Sumedang dan Kab Garut, ujar Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Dodi Susanto didampingi Kasie RHL Eman Suherman.

Eman Suherman menambahkan, untuk Lokasi penanaman di wilayah kabupaten Sumedang luas keseluruhan mencapai 915,83 ha yang meliputi beberapa Blok yang ada di 5 kecamatan yaitu kecamatan Pamulihan, kecamatan Cisitu, Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cibugel, dan kecamatan Situraja. Untuk Blok Petambon desa Cilembu Kecamatan Pamulihan luas tanamnya 137 ha.
Sedangkan luas area persemaian di Kabupaten Garut mencapai 1.086, 58 Ha. Yang masih masuk wilyah kawasan hutan Lindung BBKSDA Jawa Barat yang sekaligus merupakan ulu Sungai Cimanuk. Area meliputi kecamatan Limbangan, kecamatan Pasir Wangi/ Samarang, dan kecamatan Tarogong.

Masih menurut Eman, dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, juga dilakukan penanaman beberapa jenis tanaman pada lokasi sekitar persemaian oleh Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Dandim Sumedang, kepala BBKSDA Jawa Barat dan Kepala Dinas Kehutanan Prov,Jjawa Barat di beberapa wialayah Sumedang, tandasnya. (sein) .
 

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.