Pemkot Bandung Peringati Hari Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia Dengan Peluncuran Situs Kampanye Stop Ngebut

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Memperingati Hari Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia (World Day of Remembrance for Road Traffic Victims), Pemerintah Kota Bandung bersama Bloomberg Philanthropies Initiative for Global Road Safety (BIGRS) menggelar hari peringatan dengan mendeklarasikan kampanye "Jalan Milik Bersama Bukan Hanya Pengendara".

Hari peringatan yang digelar di kawasan Car Free Day Dago di jalan Ir.H.Juanda Bandung, Minggu (18/11) ini, juga ditandai dengan diluncurkannya situs kampanye keselamatan jalan #stopNgebut yang sudah mulai berjalan di sosial media sejak bulan Agustus. Situs kampanye tersebut dapat diakses melalui www.stopngebut.com.

"Hari Peringatan Korban Tabrakan Lalu Untas Sedunia adalah momen dimana kita bersama-sama merenung dan mengenang para korban yang telah meninggal ataupun terluka akibat tabrakan dijalan raya," ujar Walikota Bandung melalui Staff Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, EM, Ricky Gustiadi, ATD., S.E., MT.

"Sesaat di mana bersama-sama kita menyadari bahwa setiap kali kita mempercepat laju kendaraan kita, akan ada konsekuensi yang tidak hanya berimbas untuk kehidupan kita tetapi juga kehidupan orang lain " sambungnya.

Hari peringatan ini dibuka dengan aksi publik, dimana para korban dan komunitas pemerhati keselamatan jalan, berjalan sejauh 350 meter dari Patra Comfort Bandung Hotel menuju halaman Blossom Factory Outlet sebagai tempat pelaksanaan acara. Para korban ataupun pihak keluarga akan membawa foto mereka ataupun anggota keluarga mereka yang telah meninggal akibat tabrakan lalu lintas sebagai bagian dari aksi solidaritas dan kampanye keselamatan di jalan.

Turut hadir dalam peringatan dan kampanye keselamatan, Kepala Diskominfo Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan bahwa, peringatan Hari Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia diadakan di kota Bandung untuk memberikan peringatan serta pemahamaan kepada masyarakat kota Bandung dan seluruh pengguna jalan untuk memenuhi kewajiban dan haknya agar selamat di jalan.

"Keselamatan di jalan merupakan hak semua orang,” tegasnya.

Lebih lanjut Ahyani Raksanagara mengatakan, pemerintah kota Bandung sangat peduli dengan permasalahan yang dialami korban kecelakan lalu-lintas, "berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kota Bandung untuk meminimalisir faktor terjadinya kecelakaan lalulintas,” ungkapnya.

"Pemerintah kota Bandung telah melakukan perbaikan prasarana jalan, serta menegakkan aturan dan disiplin berlalulintas,” sambungnya.

Di akhir paparannya Ahyani Raksanagara menghimbau untuk aparat pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya. (Cuy).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.