Resmikan Gebyar Bak Sampah, Dansektor 21 Apresiasi Komitmen Warga Untuk Jaga Lingkungan


FAKTABANDUNGRAYA.COM, SUMEDANG - Komandan Sektor 21 meresmikan penggunaan bak sampah yang dibangun oleh Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang di Dusun Buntar RW 03 RT 02, desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (9/12).

"Hari ini Sektor 21 melakukan peresmian pembuatan bak sampah di Subsektor 15 Sumedang, di desa Cihanjuang," ujar Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.

Dalam dua minggu terakhir ini, lanjut Kolonel Yusep, Sektor 21 sedang melaksanakan gebyar bak sampah, akan membangun bak sampah sebanyak kurang lebih 40 sampai 50 bak sampah di 17 Subsektor wilayah sektor 21. 

Dansektor 21 menjelaskan, anggaran untuk gebyar pembuatan bak sampah sampah di wilayah sektor 21 berasal dari beberapa pihak yang peduli terhadap lingkungan.

Sebagai Dansektor 21, dirinya melihat saat ini tren di masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, karena kita sudah sosialisasi terus menerus sehingga mereka sadar akan kebersihan lingkungan sungai. 

"Tapi mereka (warga-red) bertanya, kalo gak boleh ke sungai, kemana pak buang sampahnya?, disinilah letak kendala kita. Kabupaten bandung dan sumedang itu di tiap desa dan rw tidak ada tps, sehingga mereka yang tidak lagi buang ke sungai tapi dibuang di pinggiran jalan dan lahan kosong," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong kepala daerah yang ada di wilayah Sumedang dan Kabupaten Bandung segera berbuat untuk masyarakat, dalam menangani persoalan sampah dan kebersihan lingkungan.

"Kami (TNI-red) tidak ada dana untuk itu, tapi melalui komunikasi dengan rekan-rekan yang peduli dan akhirnya melakukan gebyar pembuatan tong sampah ini," ungkapnya.

"Saya berharap ini menjadi wabah yang positif bagi masyarakat, khususnya pemda untuk berbuat kearah yang sama, jadi apa yang kami lakukan hanya men-trigger supaya pemerintah daerah lebih peduli pada persoalan sampah ditengah masyarakat," harap Dansektor 21.

Sementara, Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf menyambut baik dengan adanya pembuatan bak sampah yang berlokasi di Rw 03 Rt 02 desa Cihanjuang, dan bangga melihat komitmen yang ditunjukkan oleh masyarakat.

"Terus terang saja, saya melihat dengan kesemangatan masyarakat yang begitu antusias, mereka siap untuk memelihara kebersihan sungai Cimande ini," ungkapnya.

Untuk himbauan kepada masyarakat tentang kebersihan lingkungan, dirinya mengaku bahwa bukan kali ini saja, "cuma dengan adanya program yang dimotori oleh satgas citarum harum membuat masyarakat merasa lebih sadar dan terdorong untuk siap melaksanakan," ujarnya.

"Sejak beberapa bulan yang lalu, warga masyarakat dengan swadaya nya mereka siap turun ke sungai," sambungnya.

Desa juga bangga dan berteimakasih dengan adanya program Citarum Harum ini, "karena dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, dan jumlah warga yang bersedia turun ke sungai semakin bertambah, karena bukan sampai saat ini saja warga bisa merasakan manfaatnya, kedepan walaupun sudah tidak ada lagi satgas, warga tetap melakukannya," pungkasnya.

Kegiatan peresmian ini juga dimeriahkan dengan pembagian puluhan Doorprize kepada warga yang juga dihadiri oleh pejabat wilayah, diantaranya Camat Cimanggung, Kapolsek Cimanggung, Danramil Cimanggung, dan puluhan warga desa Cihanjuang.

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.