DR Dini Dewi : Tiga Hal Penting Evaluasi Citarum Harum

DR. Dini Dewi Heniarti (foto: istimewah)
Bandung, Faktabandungraya.com,-- Dr Dini Dewi Heniarti (Presiden Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (APDHI) menyambut positif diselenggaraknnya Rapat evaluasi program Citarum Harum. Menurutnya, evaluasi sangat penting sebagai indikasi keberhasilan atau kegagalan 1 tahun diluncurkannya program Citarum Harum.

Sejak diluncurkannya program Citarum hampir setahun lalu, kita bersama dapat melihat ada kemajuan yang cukup segnifikan dalam menangani Sungai Citarum. Bahkan, sampai saat ini dan kedepan semangat penanganan Cirtarum Harum harus tetap terjaga. Terutama dari para penggiat Citarum Harum.

Hal ini dikatakan DR Dini dalam acara evaluasi program Citarum Harum di Graha Manggala Siliwangi Bandung, jalan Aceh, Selasa (15/1-2019)., yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar Selaku Komandan Satgas Citarum Harum, Pangdam III/Slw selaku Wakil Dansatgas 1, Kapolda Jabar selaku Wakil Dansatgas II, Para Komandan Sektor 1s.d 22, Bupati Bandung, Walikota Bandung dan Wakil Walikota Cimahi; Dinas LH Jabar dan Kab/kota yang dilintasi Alisan Sungai Citarum, Budayawan, Akademisi, Pencinta Lingkungan, Assosiasi Pengusaha Pertekstilan Indonesia (APPI), dan undangan lainnya.

Dalam paparannya, DR Dini mengatakan, ada tiga hal bahan evaluasi program Citarum Harum yaitu Instrumen; Kultural dan struktural. Dari tiga hal tersebut tentunya diperlukan dukungan dari semua pihak seperti warga , Perti/kampus, pemerintah, swasta. Dan dapat dijadikan kunci keberhasilan program Citarum Harum tahun 2019.

Kita juga mengapresiasi kini tingkat kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah rumah tangga sudah mulai tumbuh tapi masih perlu terus digenjot. Bahkan, Para Komandan Sektor bersama-sama masyarakat telah membangun beberapa unit tempat pembungangan sampah.

Dini juga mengatakan kepada wartawan, selama diluncurkanya Citarum Harum, telah dilakukan penegakkan hukum terutama terhadap para pelaku usaha pabrik. Sudah ada ratusan pabrik yang ditutup lobang pembungan limbahnya. Bahkan satgas juga telah menertibkan seribu lebih karamba jaring apung di Waduk saguling dan Waduk Cirata, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dini yang juga Ketua Dewan Pengawas Citarum Harum, mengajak dan menghimbau kepada seluruh masayrakat dan para penggiat Citarum Harum untuk terus bersama-sama bahu membahu untuk membenahi lingkungan dan ekosistem Sungai Citarum.

“Kita harus tetap semangat dan terus semangat untuk mensukseskan program Citarum Harum agar Citarum kembali Harum”, tandasnya. (husein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.