Pesan Daud : Sekwan Toto Harus Jaga Komunikasi dan Pahami Peraturan

Salam Komando, H.Daud Ahmad (Assda I Setda Jabar)
 dengan H.Toto Muhammad Toha (Sekwan Jabar)/foto : husein
Jabar, Faktabandungraya.com,-- Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat H. Daud Ahmad berpesan kepada Sekretaris DPRD Jabar baru Toto Muhammad Toha, agar terus berupaya menjaga komunikasi dengan baik dan memahami segala peraturan perundang-undangan yang ada. Hal ini penting, karena Sekwan merupakan jembatan atau Liaison officer (L.O) antara Dewan dan Gubernur.

Menurut Daud Ahmad, yang kini sudah menjabat sebagai Asisten I (Pemerintahan. Hukum dan Kesos) Setda Jabar, keberadaan Sekwan sebagai jembatan atau L.O (Liaison officer), dimana seorang Sekwan memilliki tugas sebagai penghubung dua lembaga (Legislatif dan Eksekutif) sebagaimana diatur dalam perundang-undangan. Untuk itu, Sekwan harus terus berkomunikasi dan berkoordinasi Dewan dan Gubernur.

Hal ini dikatakan Daud Ahmad kepada wartawan usai acara Pisah Sambut Sekretaris Dewan diruang lobby Paripurna DPRD jabar, Selasa (8/01-2019).

Dikatakan, selama saya menjabat jadi Sekretaris Dewan Jabar, saya selalu menjaga Komunikasi dengan Pimpinan dan seluruh anggota dewan, termasuk juga komunikasi dengan pak Gubernur selaku Pimpinan kita juga.

Dalam kesempatan tersebut, Daud berpesan kepada pak Toto selaku Sekwan Jabar baru, untuk terus menjaga komunikasi dengan seluruh anggota Dewan yang terhormat dan pak Gubernur, selama menjalankan tugas. Dan juga selaku Sekwan harus memahami dan mengusai peraturan-perundang-undangan.

Kalau melihat rekam jejak pak Toto sebelum dilantik jadi Sekwan, saya rasa pak Toto tidak akan kesulitan dalam menjalankan tugas kesekretariatan dewan. Karena telah memiliki segudang pengalaman di pemerintahan, diantaranya, pernah menjadi Plt Bupati Cirebon, Plt Walikota, mantan Kepala BKPP dan beberapa jabatan lainnya, ujarnya.

Adapun terkait dengan program Setwan 2019 yang telah direncanakan dan disahkan, Daud membenarkan bahwa anggaran Setwan 2019 sudah disusun dan disahkan. Jadi pak Toto tinggal melaksanakan. Beberapa program kerja tersebut diantara, mempersiapkan ruangan dan fasilitas untuk 120 anggota dewan baru hasil Pileg 2019 mendatang.

Saat diminta tangggapan kesan selama menjabat sebagai Sekwan, Daud mengatakan bahwa dirinya lebih mempererat talisilaturahim khususnya di Sekretariat Dewan ini, antar bagian dan sub bagian termasuk seluruh karyawan baik PNS mapun Non PNS. Selain itu, selama menyalani seluruh anggota Dewan harus menjaga komunikasi dan mengasahi aturan perundang-undangan yang berlaku.

Apapun yang diminta anggota dewan, karena memang kita bertugas untuk memenuhi fasilitas kebutuhan anggota dewan, sepanjang itu ada aturannya, kita akan penuhi. Selain itu, Sekwan itu merupakan pimpinan OPD sehingga pangkatnya memakai lis merah. Namun, beda dengan pimpinan OPD lain ( Dinas/ Badan) , Kepala Dinas/Badan merupakan raja di lingkungan OPD yang dia pimpin, sedangkan Sekwan, walaupun pangkat pakai lis merah tapi diatasnya masih ada pimpinan yaitu 100 anggota Dewan dan tambah Gubernur, ujarnya.

Dukanya, ada hal-hal kecil sekalipun yang dikeluhkan anggota dewan, pasti nyampai ke saya selaku Sekwan. Namun, dimanapun dan apapun tugas yang kita emban, harus dihadapi dengan serius, enjoy, patuhi aturan dengan terus menjaga komunikasi dengan baik. tandasnya.

Sementara itu, Toto M Toha selaku Sekwan Jabar baru mengatakan, sebagai Sekretaris baru tentunya saya harus beradaptasi dan mempelajari Tupoksi dan aturan yang ada dulu. Tadi juga pak Daud mengasih tahu, bahwa Sekwan itu selain memberikan pelayanan administrasi juga memberikan pelayanan operasional, demi kelancaran tugas dari 100 anggota DPRD Jabar.

Untuk itu, saya juga berterima kasih kepada pak Daud yang telah memberikan masukan tentang Tupoksi kesetaritan dewan, ujarnya.

Adapun terkait Program kerja Setwan 2019, yang sudah disusun oleh Sekwan lama (Pak Daud) dan jajaran Setwan dan telah disahkan dalam sidang paripurna tentuya saya tinggal melaksanakan. Untuk itu, saya juga harus membaca dan berkoordinasi dengan seluruh bagian yang ada di Setwan ini atas-seluruh program yang sudah direncanakan dan disahkan tersebut.

Selain itu, di tahun 2019 ini juga, saya akan mempersiapkan ruangan / tempat untuk 120 orang anggota Dewan hasil Pemilihan Legislatif 2019 yang akan dilantik pada awal bulan September mendatang. Untuk itu, dalam waktu dekat ini kita akan lakukan proses lelang perombakan ruangan termasuk fasilitasnya. Sehingga, saat anggota dewan baru nanti dilantik ruangan kerja seluruh anggota dewan sudah siap. Kadasnya. (sein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.