Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kodam III/Siliwangi Selenggarakan TMMD ke – 104 TA. 2019 Di Cilebak Kab. Kuningan

Selasa, 26 Februari 2019 | 15:26 WIB Last Updated 2019-02-26T08:28:10Z
Kuningan,faktabandungraya.com,--- Kodam III/ Siliwangi kembali menyelenggarakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Ta. 2019. Pelaksanaan TMMD ke 104 dilaksanakan
di Lapangan Desa Legokherang Kec. Cilebak Kab. Kuningan Jawa Barat, Selasa (26/2).

Pembukaan TMMD dihadirin langsung Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Danrem 063/SGJ, Bupati Kuningan, Irdam III/Slw, Asren Kasdam III/Slw, Kainfolahtadam III/Slw serta para Dandim Jajaran Korem 063/SGJ. Kapolres Kuningan, dan Pejabat Jajaran Pemerintahan Kabupaten Kuningan.

Tujuan dilaksanakannya TMMD adalah salah satunya sebagai wujud Bakti TNI yang merupakan Program kerja sama lintas Sektoral antara TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan Akselerasi pembangunan di daerah-daerah.

TMMD ini diselenggarakan dari tahun ke tahun dengan tujuan untuk memeratakan pembangunan Nasional dengan membangun infrastruktur serta sarana dan prasarananya di daerah-daerah tertinggal, sehingga diharapkan dengan adanya TMMD ini dapat mensejahterakan masyarakat terutama masyarakat pedesaan.

Pada tahun 2019 ini, salah satu program TMMD yang diselenggarakan Kodam III/Siliwangi khususnya Korem 063/SGJ diselenggarakan oleh Kodim 0615/Kuningan di laksanakan di Kecamatan Cilebak Kab. Kuningan dengan membangun sasaran baik Fisik maupun Nonfisik. Adapun sasaran fisik yaitu, Cor Rabat Laburan aspal jalan 1.610 m x 2,5 m, pengaspalan1.999 m x 2,5 m, Pelebaran badan jalan2,228 m, pembuatan gorong gorong TPT dan Riol 2 titik 2 dan pembuatan TPT sebanyak 2 titik.

Selain sasaran Utama tersebut diatas juga dibangun sasaran tambahan berupa Rehab Mushola dan SD, pembuatan Pos Kamling, jambanisasi, pemasangan PJU, Rutilahu dan pembuatan irigisai.

Adapun sasaran nonfisik berupa penyuluhan-Penyuluhan diantaranya penyuluhan kesehatan, hukum, Gulbencal Bahaya Narkoba dan masih banyak yang lainnya.

Seluruh kegiatan tersebut di Kendalikan oleh Dansatgas TMMD Kab. Kuningan yang dijabat oleh Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, S.Sos., M.M.

Bupati Kuningan Bpk. H. Acep Purnama, S.H., M.A. yang bertindak selaku Irup, pada amanatnya menyampaikan, " salah satu permasalahan yang berkembang dimasyarakat adalah mulai menurunnya tingkat kegotongroyongan dan kebersamaan, oleh karena itu TNI sebagai bagian dari masyarakat berinisiatif untuk meningkatkan kembali semangat kegotongroyongan dan kebersamaan melalui kegiatan TMMD, " ucapnya.

" Hal ini senada dengan tema yang diusung pada kegiatan TMMD ke-104 Ta. 2019 yaitu " Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional," ulasnya.

Kemudian, Bupati memberikan beberapa pesan diantaranya, " tingkatkan semangat kebersamaan dan kemanunggalan rakyat dengan TNI sehingga akan tercipta kondisi rakyat yang dinamis untuk membangun desa ".

Lanjutnya, " tingkatkan semangat gotong royong dan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang, tingkatkan fungsi dan peran kelembagaan di desa sehingga memiliki kemampuan untuk membangun dan memelihara hasil pembangunan, serta manfaatkan kegiatan TMMD ini sebagai Teritorial untuk merebut hati rakyat dengan cara membaur dengan rakyat untuk mendapatkan kecintaan rakyat kepada TNI secara tulus dan ikhkas dan jadikan rakyat sebagai saudara dari seluruh Prajurit, " imbuhnya.
Upacara pembukaan TMMD ke -104 tahun 2019 diselenggarakan oleh Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Kodam III/Siliwangi ini dimeriahkan juga dengan Tari Kreasi anak-anak PAUD Ds. Legokherang, Parade Drumband SMPN 1 Subang Kuningan, Pesta Dadung yang dibawakan oleh Masyarakat Ds.Legokherang dan ditutup dengan tari Gemufamire yang dilaksanakan secara Spontanitas oleh seluruh peserta Upacara, tamu undangan dan masyarakat sekitar.

Selesai Upacara Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M. Sc, Bupati Kuningan H. Asep Purnama, S.H, M.A dan seluruh tamu undangan mengunjungi stand-stand yang telah disiapkan yaitu Stand Pengobatan massal, stand Pameran Alutsista dari Yonarhanud 14 dan stand Pasar murah/Bazar yang berisi Makanan makanan Khas Kuningan dan diakhiri dengan peninjauan ke Lokasi sasaran utama TMMD ke 104 di Kab. Kuningan. (pendam/red).

×
Berita Terbaru Update