Penguatan Pentahelix, Dansektor 21 Lakukan Sosialisasi Di Desa Sindang Pakuon dan Ponpes Nurul Iman Sumedang

FAKTABANDUNGRAYA.COM, SUMEDANG - Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat kunjungi Kantor Desa Sindang Pakuon dan Pondok Pesantren Nurul Iman, Kabupaten Sumedang, Rabu (27/2/19). Agenda ini bertujuan sebagai penguatan koordinasi lintas sektoral (Pentahelix) untuk percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum sesuai amanah Perpres No 15 Tahun 2018.

Didampingi Sekretaris Kecamatan Cimanggung Juni Sujatnika, Danramil Cimanggung Kapten Arh Rustendi, dan Kapolsek Cimanggung Kompol Kuswanto. Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat temui para perangkat desa dan para Ketua RW, serta sembilan anak muda yang tergabung dalam program eMpowering Youth Across ASEAN di Kantor Desa Sindang Pakuon dan menyampaikan pentingnya keterlibatan dari semua pihak, baik pemerintah, pengusaha, komunitas dan elemen masyarakat lainnya untuk pembenahan lingkungan, khususnya DAS Citarum.

"Melalui kesempatan ini kita bersama sama membangun lingkungan yang bersih. Sekecil apapun yang kita perbuat dapat mendorong pemerintah dan pihak lain berbuat lebih baik untuk lingkungan," ujar Dansektor 21 di hadapan para ketua Rw/Rt dan perangkat desa Sindang Pakuon.

Seusai melakukan kunjungan di Kantor Desa Sindang Pakuon, Dansektor 21 melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Nurul Iman, dusun Bunter, desa Cihanjuang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pondok pesantren yang dipimpin oleh Kiai Odang Jamaludin, Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat berharap pesantren bisa menjadi pelopor dalam mengkampanyekan lingkungan bersih dan tertib dalam penanganan sampah.

Setelah hampir setahun penuh fokus dan menitikberatkan pada pengendalian pencemaran limbah industri, kini Satgas Citarum Sektor 21 mulai melakukan penguatan koordinasi lintas sektoral, selain karena pentingnya peran bersama, komunikasi dan koordinasi dapat menjadi masukan yang akan dilakukan dalam rencana aksi satgas Citarum.

"Kita akan terus melakukan ini, semua subsektor sudah saya perintahkan untuk segera buat rencana, dengan Pondok pesantren, sekolah (tingkat) SMA, perguruan tinggi, dengan (pemerintahan) desa, untuk saya datangi secara safari sampai semua subsektor kita datangi," pungkas Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat. (cuy) 

Kata Bijak Faktabandungraya.com

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar