Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Dansektor 21 Kunjungi Ponpes Cibeureum Kidul Cimahi, Sosialisasi Program Citarum


FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat kunjungi Pondok Pesantren Cibeureum Kidul, Kota Cimahi untuk melakukan sosialisasi program Citarum Harum sesuai Perpres Nomor 15 Tahun 2018. Kunjungan sosialisasi dilaksanakan pada Sabtu malam, (23/3/19), Dansektor 21 diterima dan disambut langsung oleh H. Alan Nur Ridwan selaku Pimpinan Ponpes Cibeureum Kidul.

Sebelum memulai sosialisasi dan edukasi terhadap para santri pondok pesantren, Dansektor 21mewakafkan sejumlah mushaf Al-quran dan menyerahkan secara simbolis kepada pimpinan Ponpes.

Kunjungan yang berlangsung dalam suasana hangat dan kekeluargaan, dihadapan puluhan santri dan pengurus Ponpes serta beberapa warga yang hadir, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat secara lugas menjelaskan kondisi sungai Citarum dengan segala pencemarannya, dan berharap kepada para santri untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, minimal dimulai dengan diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan.


"Program ini dilakukan bukan hanya untuk menyelamatkan martabat rakyat Jawa Barat, tapi juga demi generasi masa mendatang. Seperti adik adik santri disini, agar bisa menikmati air sungai sebagai sumber kehidupan bukan sumber musibah," ujar Dansektor 21 Kolonel Yusep.

"Jadi sudah saatnya kita sama sama menjaga lingkungan, karena ketika kita jaga alam maka alam akan jaga kita," sambungnya.

Untuk itu, lanjut Kolonel Yusep, sebagai umat islam harus menjaga hubungan dengan Allah (Habluminallah), menjaga hubungan dengan sesama manusia (Habluminannas), "tapi kita belum maksimal dalam hablu minal alam, yaitu menjaga hubungan dengan alam," tuturnya.

"Semoga adik adik santri disini ikut andil dalam menjaga lingkungan, dan sama sama dengan satgas dapat memberikan contoh dan pelopor dalam selalu menjaga lingkungan, khususnya kelestarian sungai," harap Dansektor 21.

Sementara ditempat yang sama, Pimpinan Ponpes Cibeureum Kidul H. Alan Nur Ridwan menyambut baik atas kunjungan dan memberikan pencerahan kepada para santri disini untuk tidak buang sampah sembarangan, "terutama, karena itu sudah membudaya, itu dulu buang sampah ke sungai seperti hal yang biasa, padahal hampir dimana mana akibat banjir itu dari sampah," ujar H. Alan.

Diungkapkan Pimpinan Ponpes yang juga sebagai Ketua MUI Kota Cimahi ini, pihaknya akan siap berkolaborasi dengan Satgas Citarum dalam menjaga lingkungan sungai. "Ya kita juga siap jika nantinya ada program bersama, misalnya penanaman pohon atau kegiatan lainnya," pungkasnya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar