Geliat Sinergitas Pentahelix Peduli Lingkungan Kembali Ditunjukkan Di Kota Cimahi


FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Geliat kolaborasi lintas unsur dan elemen peduli kelestarian lingkungan kembali ditunjukkan oleh masyarakat Kota Cimahi. Hari ini, Rabu (6/3/19), Pusdik Pal Kodiklat TNI AD bekerja sama dengan Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Satgas Citarum Sektor 21-13, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Cimahi, Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kota Cimahi menggelar karya bakti dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Kegiatan pembersihan dan pungut sampah serta pembersihan saluran air di sepanjang Jalan Cibaligo Kelurahan Cibereum, Cimahi, ini juga melibatkan masyarakat setempat Rw 16, ormas Manggala Putih, serta perwakilan dari masing-masing perusahaan yang berada dekat dengan lokasi kegiatan. Satgas Citarum Subsektor 21-13 mengklaim, kegiatan diikuti lebih dari 200 orang, diawali dengan pelaksanaan Apel di Lapangan RS. MALL Cimahi, Jalan Cibaligo Rw 16 Kelurahan Cibereum, Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Kegiatan ini sejalan dengan apa yang selama ini Satgas Citarum, khususnya Satgas Sektor 21 dalam upaya mengembalikan kelestarian lingkungan, khususnya wilayah bantaran anak cucu sungai Citarum, yang diamanahkan Perpres No 15 Tahun 2018.

Sebagai pemimpin kegiatan, Mayor Cpl Dedi, Kasipamops Pusdikpal Kodiklat TNI AD Cimahi menyampaikan ucapan terimakasih atas antusiasme dan waktu yang sudah diluangkan oleh jajaran Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Pemkot Cimahi, perwakilan Perusahaan dan Masyarakat Rw 16 Kelurahan Cibereum.

Dirinya mengatakan, "kami mendapatkan program dari komando satuan atas, untuk melaksanakan karya bakti  di wilayah Binaan Pusdikpal, dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019," ujarnya.

"Dengan gerakan pungut sampah ini, kami berharap masyarakat  dilingkungan dapat melihat kemudian dapat mencontoh, dan diterapkan di lingkungan masing-masing," imbuhnya.

Untuk itu, "kami mengajak untuk terus-menerus bersama-sama TNI , masyarakat, pemerintah, para aktivis, dan semua elemen untuk membersihkan sampah secara berkesinambungan," tandasnya.

Di tempat yang sama, hadir dalam kegiatan, Aiptu M Salatif selaku Panit Bimas Polsek Cimahi Selatan mengatakan, sebagai instansi pengayom di masyarakat sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, ini bentuk sinergisitas TNI, POLRI, Pemkot Cimahi, Satgas citarum harum, Ormas dan  masyarakat. "Kegiatan seperti ini jangan berhenti, tetap kita adakan secara terus menerus minimal dilingkungan Rukun Warga," ujarnya.

Sementara mewakili warga, Dandang selaku Seklur kelurahan Ciberueum berharap kepada masyarakat untuk dapat ikut berperan dalam mewujudkan kota cimahi yang bersih. (Cuy).

Kata Bijak Faktabandungraya.com

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar