Gubernur Emil Pastikan Pemilu di Jabar Berjalan Aman, Lancar dan Kondusif

Jabar, Faktabandunagraya.com,-- Gubernur Jawa Barat M.Ridwan Kamil mengatakan, pada Pemilu 2019 yang serentakan pencoblosan akan dilaksanakan di seluruh Indonesia, besok / Rabu 17 April 2019, termasuk juga diwilayah Jabar akan berjalan aman, lancar dan kondusif.

Berdasarkan pemetaan tingkat kerawanan, Provinsi Jawa Barat masuk katagori rawan sedang dan relatif aman. Mudah-mudahan kondisi relatif aman dan kondusif tetap terjaga sampai pasca pencoblosan, seperti pada Pilgub Jabar 2018 lalu. Begitu juga di Pilpres dan Pileg 2019 ini.

“ Tingkat kerawan Pemilu 2019 di Jabar masuk katagori sedang relatif aman, dan semoga menjadi contoh penyelenggara terbaik dan teraman seluruh Indonesia”, harap Gubernur Ridwan Kamil (Emil) dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) yang diselenggarakan di Gedungsate, Selasa (16/4-2019).

Hadir dalam acara Japri tersebut, Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok, Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan, Sekda Pemprov Jabar, Iwa Karniwa dan Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Politik dan Kesra Setda Jabar, Daud Ahmad.

Dikatakan, masyarakat Jabar tidak perlu khawatir dan takut untuk datang ke TPS menggunakan hak suara, karena aparat keamanan menjamin rasa aman warga dalam menggunakan hak suaranya.

Emil menghimbau usai pencoblosan tanggal 17 April besok, mari kita bersama-sama kembali bersatu. Mari kita terima siapapun yang terpilih dan membuat Indonesia yang lebih juara dan memastikan secara umum Jabar kondusif," ajaknya.

Tidak Golput

Gubernur mengajak kepada masyarakat Jawa Barat untuk tidak Golput dalam Pemilu besok tetapi datang langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya sesuai pilihan masing-masing.

"Kita harap tingkat partisipasi masyarakat meningkat hingga 80% bisa tercapai, sebelumnya di Pilprea 2014 lalu partisipasi 70%, dan Pilgub 2018 73%, mudah-mudahan di 2019 bisa lebih baik," harapnya.

Apresiasi Persiapan

Gubernur Emil juga mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu yang telah mempersiapkan semua kebutuhan pelaksanaan pencoblosan.

Untuk mengetahui perkembangan kelancaran pelaksanaan pencoblosan tanggal 17 April, besok, Pemrov Jabar akan menggelar teleconpren dengan Pemkab dan Pamkot se Jabar, ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan apresiasi kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) terunik dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif (Pileg).

Tiga TPS terunik masing masing akan diberikan hadiah senilai Rp.15 juta untuk terbaik ke-1, Rp.10 juta terbaik ke-2 dan Rp.5 juta untuk terbaik ke-3.

Hadiah ini sebagai bentuk apresiasi kepada petugas di TPS yang saat ini banyak TIPS-TIPS unik dengan tujuan untuk menarik partisipasi pemilih datang ke TPS, ujarnya.

Gubernur menyatakan, selain TPS terunik hadiah juga akan diberikan kepada TPS dengan tingkat angka partisipasinya tertinggi serta aksi petugas TPS yang dinilai heroik juga aksi selfi yang dilakukan oleh para pemilih setelah mereka mencoblos di TPS.

"Untuk yang terheroik atau yang mengharukan hasil jepretan wartawan, ini untuk menyemangati mereka, dan wartawan yang memotret aksi tersebut juga akan mendapatkan hadiah," tandasnya. (husein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.