Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut Ramadhan, ACT Jawa Barat Luncurkan Program Marhaban Yaa Dermawan

Kamis, 02 Mei 2019 | 17:28 WIB Last Updated 2019-05-03T04:31:34Z
BANDUNG,Faktabandungraya.com,-- Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak muslim sedunia memperbanyak amal saleh melalui program kemanusiaan di pelosok Indonesia hingga berbagai belahan dunia yang terangkum dalam program Ramadhan bertema “Marhaban Yaa Dermawan”. ACT juga mengajak para stakholders untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan akselerasi kedermawanan.

Kepala Cabang ACT Jawa Barat, Renno I. Mahmoeddin mengatakan, yang melatarbelakangi program Ramadhan ACT saat ini yaitu kondisi dunia hari ini sekitar 190, 7 Juta orang terdampak krisis dan konflik di lebih dari 35 negara di dunia, 68, 5 juta orang terpaksa keluar dari negaranya untuk mengungsi , 80 % penduduk miskin di dunia tahun 2030 tinggal di negara rentan konflik, bencana, kelaparan dan krisis lainnya sumber

Serta kondisi Indonesia saat ini berada pada peringkat 73 di dunia dengan tingkat kelaparan kategori serius, 12, 5 juta hidup dalam kemiskinan kategori ekstrim, 62,2 %`penduduk miskin tinggal di pedesaan.

Bandung sendiri menurut data BPS jumlah masyarakat miskin di Kota Bandung Pada tahun 2018 tercatat sebanyak 89.380 jiwa atau sebesar 3.57% dari total populasi. Angka ini dilihat dari pendapatan per kapita Rp 448.902,- per bulan. Angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan UMK Bandung Rp3.339.580,61 ditambah menjelang ramadhan kebutuhan pokok cenderung naik sampai nanti menjelang ramadhan kondisi ini tentunya sangat memberatkan masyarakat prasejahtera.

Renno I. Mahmoeddin Kepala Cabang ACT Jawa Barat mengatakan Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan yang senantiasikan dijadikan momentum pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat Muslim. “Sekalipun Indonesia masih disibukkan dengan tema politik, Ramadhan merupakan momen menyatukan berbagai perbedaan.

 Di bulan yang suci ini, kita harus selalu ingat bahwa ekonomi sejumlah negara yang berpenduduk mayoritas Muslim masih mengkhawatirkan, khususnya akibat konflik yang berkepanjangan, baik internal maupun eksternal,” paparnya.
Program “Marhaban Yaa Dermawan” hadir karena ACT meyakini Indonesia masih dipenuhi oleh masyarakat yang memiliki jiwa dermawan. “Kami meyakini semua umat selalu merindukan kedatangan Ramadhan, begitu pun sebaliknya, Ramadhan juga sangat merindukan adanya orang yang dermawan. Ramadhan adalah momen terbaik bagi para dermawan untuk kemudian menebar amalan kebaikan. Tujuan finalnya, program-program yang diberikan juga bisa berperan sebagai pengentas kemiskinan.

Adapun spirit menebar amalan kebaikan di bulan Ramadhan untuk masyarakat prasejahtera di Bandung dan Jawa Barat selain ragam program kebaikan kita akan fokuskan untuk berbagi ifthor (makanan buka puasa) menggunakan Humanity Foodtruck dan menggunakan kendaraan roda dua atau motor dengan nama Dermawan Bermotor Tebar Ifthor, selain itu untuk tepian dan pelosok negeri lewat Kapal Ramadan. “Kami juga akan memberangkatkan Kapal ramadan dari lima titik dengan membawa paket-paket pangan. Insya Allah kami akan menyasar ratusan ribu masyarakat prasejahtera di seantero nusantara” pungkasnya. (rls/red).
×
Berita Terbaru Update