DISPORA Jabar Siap Wujudkan Milenial Juara dan Olahraga Juara

Engkus Sutisna
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar
(foto : H.A.Husein W)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) siap mewujudkan dan mensukseskan visi misi Gubernur M.Ridwan Kamil “Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”, khususnya bidang keolahragaan dan kepemudaan yaitu Olahraga Juara dan Milenial Juara.

Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna mengatakan, visi misi Gubernur tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam lima misi besar, salah satu dari misi tersebut, menjadi tugas dan kewajiban Dispora Jabar melalui tagline kami “Milenial Juara dan Olahraga Juara”.

Misi ini, kata Engkus, adalah melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia dan produktif melalui peningkatan pelayanan publik yang inovatif.

Agar tagline Milenial Juara dan Olahraga Juara, dimana Milenial Juara untuk bidang kepemudaan dan Olahraga Juara untuk bidang keolahragaan, seusai dengan harapan, maka Dispora Jabar coba mewujudkannya dengan melakukan berbagai strategi, dimulai dari menyusun program.

Hal ini dikatakan, Kadispora Jabar Engkus Sutisna saat ditemui Faktabandungraya.com, di kantor Dispora Jabar, komplek Sarana Olahraga (SOR) Arcamanik- Jabar, Jum’at (21/6-2019).

Untuk menghadapi PON Papua 2020, kita menargetkan dapat mempertahankan Juara Umum, walaupun cukup berat. Hal ini mengingat PON 2020 tidak berlangsung di Jawa Barat seperti PON sebelumnya. Namun, target tidak boleh kendor, perjuangan tetap harus dilakukan, agar bisa meraih kemenangan dna tetap Juara Umum.

Engkus yakin saat berlaga di Papua nanti, tantangan para pejuang olahragawan Jabar cukup berat, apalagi kita sebagai kontingen pendatang. Jauh lebih berat dari PON sebelumnya, "Tetapi kan, bagaimanapun, kita harus berjuang dan optimis,"ujarnya.

Selain PON, pada tahun 2020 nanti, juga ada kejuaran lainnya yaitu Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI. Pada Peparnas nanti juga atlet PEPARNAS Jabar juga sama yaitu harus bisa mempertahankan gelar Juara Umum.

"Target itu sesuai hasil, tadi malam (Kamis 20 Juni 2019). Saat kami menghadiri pelantikan pengurus NPCI (National Paralympic Committee)," jelasnya.

Adapun untuk menghadapi ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), saat ini kita tengah event Popwilda Jabar. Nanti para juara Popda Jabar kita persiapkan untuk mengikuti Popnas. Pada evant Popnas kita juga menargetkan Juara Umum.

Sedangkan untuk pemuda yang harus menjadi bagian dari milenial juara, Disporaprov Jabar siap konsisten mengatasi masalah pengangguran kaum muda, lewat kegiatan bertajuk pelatihan wirausaha.

Selain itu, Disporaprov Jabar juga siap konsisten menyelesaikan permasalahan lain para muda yaitu kejahatan narkoba.

"Kita juga punya kegiatan sosialisasi mengenai pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba (P4GN). Kita sudah ada program-programnya," ungkapnya.

Disisi lain Disporaprov Jabar juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan Forum Komunitas Pemuda Peduli Jawa Barat.

"Kenapa harus demikian! Ya, pemuda tentunya ketika ada masalah bencana alam mereka juga harus peduli! Ketika ada masalah-masalah kaum muda, narkoba, kemudian ada juga kekarasan di antara mereka, nah ini juga mereka harus peduli," paparnya.

Forum ini akan Dispora Jabar dorong, bagaimana cara mengatasi masalah-masalah kaum muda.

Lebih lanjut Engkus mengatakan, untuk program"SP3OR (sarjana pendamping penggerak pembangunan olahraga), akan kita dorong untuk berperan aktif bagaimana melakukan pemberdayaann olahraga.

SP3OR tersebar di Jawa Barat ini, antara lain di kecamatan-kecamatan yang ada di kota kabupaten se Jawa Barat., tandasnya. (husein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.