Jelang POPNAS 2019 Papua, Dispora Jabar Gelar Popwilda

 ARCAMANIK, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar multi event Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah I (Popwilda) yang diikuti sebanyak Tujuh (7) Kabupaten/ kota dari wilayah I Jabar. Dengan jumlah Cabang Olahraga (Cabor ) delapan (8). Berlangsung dari tanggal 27 Juni s.d 1 Juli 2019.

Ketujuh daerah tersebut terdiri dari Kab. Cianjur, Kab Bogor, Kab.Sukabumi, Kab. Bandung Barat , Kota Bogor, Kota Sukabumi dan Kota Depok. Sedangkan ke 8 cabor yang dipertandingkan terdiri dari bola basket, bola voli indor, bulu tangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis lapang dan tenis meja.

Acara pembukaan Popwilda wilayah I yang semula akan dibuka langsung oleh Gubernur Jabar M.Ridwan Kamil, namun, beliau tidak bisa hadir karena mengikuti rapat paripurna DPRD Jabar. Untuk itu, beliau meminta dan menugaskan saya yang membuka Popwilda wilayah I, kata Kadispora Engkus Sutisna saat membuka Popwilda wilayah I di Gedung Tangkas, SPOrT Jabar Arcamanik, jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Kamis (27/6-2019).

Tujuan dan maksud digelarnya Popwilda ini adalah, Pertama, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka pemberdayaan masyarakat olahraga bagi Jabar. Juga diharapkan melalui olahraga diharapkan agar kita tetap bugar dan sehat.

Kedua melalui ajang Popwilda ini diharapkan juga terjadinya penggalangan persatuan dan kesatuan diantara para pelajar, sehingga pemuda khususnya pelajar Jabar tidak terlibat kenakalan remaja seperti tawuran.
Ketiga kaitan dengan prestasi, melalui Popwilda kita harapkan dapat melahirkan atlet pelajar Jabar Juara, hal ini sejalan dengan visi-misi Jabar yaitu terwujudnya provinsi Jabar Juara Lahir dan Bathin melalui Inovasi dan kolaborasi, katanya.

Adapun format pertandingan, Engkus mengatakan, Dispora menggunakan sistem pembagian wilayah, mulai dari wilayah I-IV. Untuk wilayah I dan II, tempat pertandingan akan berlangsung di Kota Bandung dengan waktu pelaksanaan mulai dari 27 Juni sampai 11 Juli 2019 mendatang.

Untuk wilayah III akan dilaksanakan di Kabupaten Sumedang dengan waktu pelaksanaan mulai dari tanggal 16-27 Juli. Sedangkan untuk Wilayah IV akan dilaksanakan di Kabupaten Bandung dari tanggal 26-31 Juli 2019 mendatang.

Lebih lanjut, Engkus mengatakan, melalui Popwilda ini merupakan tahapan untuk menuju evant Popda Jabar 2019, Popwilnas 2019 dan Popnas 2019 di Papua. Pada Popnas 2019 Papua, tentunya kita akan mengirimkan atlet-atlet yang memiliki potensi meraih medali. Sehingga, kita mampu mempertahankan Juara Umum Popnas seperti tahun sebelumnya.

Saat ditanya, terkait mensukseskan visi misi Gubernur “ Jabar Juara Lahir dan Bathin melalui Inovasi dan Kolaborasi, menurut Kadispora Engkus, bahwa Dispora Jabar memiliki tegline sekaligus merupakan target kinerja Dispora Jabar yaitu mewujudkan nilai-nilai sejarah dan olahraga Juara. Untuk itu melalui Popwilda ini yang semua pesertanya adalah pelajar semua yang merupakan kaum milenial sehingga dapat mencetak Milenial Juara dan Olahraga Juara.

Untuk itu, saya berharap, para peserta Popwilda dalat berjuang maksimal dan optimal dengan tetap mengutamakan sportifitas dan nilai juang yang tinggi. Karena kalian adalah usia muda sehiangga dapat mencetak Milenial Juara. Apakah kalian siap ?... ujar Kadispora,... Siap teriak peserta Popwilda

Sebelumnya, ketua Pelaksana Popwilda 2019, Agus Komarudin yang juga Kabid Keolahragaan Dispora Jabar mengatakan, Tujuan dari Popwilda, selain untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar, juga sebagai wadah seleksi untuk pembentukan tim pelajar Jawa Barat yang akan dipersiapkan di ajang multi event tingkat nasional seperti Popwilnas dan Popnas.

Dari gelaran ini, ia berharap bisa memunculkan atlet handal yang berasal dari kalangan pelajar. "Mudah-mudahan kita bisa mencetak atlet masa depan, untuk diandalkan baik ditingkat Jabar, nasional dan internasional dimana ini juga sebagai momentum untuk meningkatkan gairah berlatih dan berprestasi di bidang olahraga," tandasnya. (husein).
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.