Komitmen Kembalikan Ekosistem Sungai, Satgas Subsektor 21-5 Konsisten Giat Karya Bakti di Sungai

BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Memberikan contoh dengan perilaku dan perbuatan yang dilakukan secara rutin merupakan salahsatu bentuk komitmen dan sosialisasi nyata dari satgas citarum harum kepada masyarakat di DAS Citarum. Selain sebagai tugas satgas dalam mengembalikan kelestarian ekosistem sungai, hal ini sekaligus diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di bantaran sungai untuk ikut menjaga kebersihan sungai dari pencemaran.

Melalui karya bakti di sungai, Satgas Sektor 21 yang terdiri dari 18 subsektor, setiap hari rutin melakukan pembersihan sebagai upaya normalisasi sungai. Seperti hal nya yang dilakukan Satgas Citarum Subsektor 21-5 Cikapundung, hari Rabu (11/9/19) dimulai sejak pagi sekitar pukul 08.00 Wib, satgas bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan karya bakti di sungai Cikapundung.

Karya bakti sungai, kata Serda Tanto Mujiyanto selaku Dansubsektor 21-5, merupakan kegiatan rutin harian satgas sektor 21 di tiap tiap subsektor sesuai arahan Dansektor 21, sebagai upaya percepatan pengendalian pencemaran DAS Citarum. Karya bakti sungai yang dilakukan subsektor 21-5 Cikapundung, pada kesempatan hari ini melaksanakan pembersihan sampah dan rumput di sungai Cikapundung di wilayah desa Lengkong, tepatnya di RT RT 04 RW 02 Kecamatan Bojongsoang.

"Karya bakti berupa pembersihan pencemaran sampah dilakukan di aliran sungai cikapundung sepanjang 125 meter. Kegiatan rutin kali ini, satgas bersama warga pelopor kebersihan berhasil mengangkat sampah dari sungai sebanyak 100 kilogram," ujar Dansubsektor 21-5 Cikapundung,

Selain kegiatan karya bakti di sungai, kegiatan rutin harian satgas juga melaksanakan patroli sungai sebagai pengawasan dari pencemaran lainnya, seperti pencemaran limbah industri dan sampah domestik. Serta melaksanakan sosialisasi kepada warga sekitar bantaran dan warga desa untuk ikut mendukung program citarum, dengan meningkatkan sikap sadar lingkungan dan menjaga lingkungan khususnya sungai dari pencemaran sampah. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.