Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur Emil Akan Sambut Kedatangan 69 Warga Jabar Dari Papua di Gedung Pakuan

Rabu, 09 Oktober 2019 | 12:15 WIB Last Updated 2019-10-09T07:23:12Z
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan menerima dan menjamu kepulangan 69 orang warga Jabar dari Provinsi Papua. Penyambutan kepulangan warga Jabar yang terdampak kerusuhan Wamena di Kabupaten Jayawijaya Papua akan dilaksanakan di Gedung Pakuan (rumah Dinas Gubernur) jalan Otto Iskandardinata no 1 Bandung, malam ini, Rabu (9/10-2019), sebelum dipulangkan ke kabupaten/kota masing-masing

Berdasarkan data Dinas Sosial Provinsi Jabar per Selasa (8/10/19), sebanyak 69 warga Jabar (mendapat tambahan satu orang dari rilis sebelumnya berjumlah 68 orang) akan dipulangkan dari Posko Pengungsian BTN Kota Sentani Kabupaten Jayapura pada Rabu (9/10-2019).

Dengan rincian warga Kabupaten Garut sebanyak 18 orang, Kab. Majalengka (2 orang), Kab. Sukabumi (6), Kota Bandung (4), Kab. Bandung (5), Kab. Kuningan (2), Kab. Tasikmalaya (6), Kab. Sumedang (8), Kab. Subang (8), Kab. Purwakarta (3), Kota Bogor (4), dan Kab. Indramayu (3).

Nantinya, 69 warga tersebut akan ditemani pendamping dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar (4 orang), Jabar Quick Response (2), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jabar (2), Forum Paguyuban Sunda Ngumbara (2), dan Daarut Tauhid Peduli (1).

Menurut laporan Dinsos dan JQR di Papua sebagai tim pendahulu Pemdaprov Jabar, pemulangan warga Jabar yang semula dilakukan pada Selasa (8/10) ditunda satu hari menjadi Rabu (9/10) karena kendala teknis di bandara sehingga semua penerbangan ke Jakarta, termasuk bagi rombongan Jabar, menjadi terganggu.

Dalam laporan teraktual kepada Pemdaprov Jabar, 69 warga Jabar beserta pendamping tersebut akan terbang dari Bandara Sentani pukul 07:20 WIT dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 10:30 WIB dengan penerbangan GA0657.

Rencananya, kedatangan rombongan khususnya warga Jabar yang memilih pulang dari Papua itu akan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jabar dan pejabat dinas/lembaga terkait.

Dari bandara, 69 warga itu bakal menuju Bandung Ibu Kota Jabar menggunakan bus yang disediakan Pemdaprov Jabar. Setelah itu, akan dilakukan seremoni penyerahan warga oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada Dinsos kabupaten/kota di Gedung Pakuan pada Rabu (9/10) pukul 19:30 WIB.

Hingga akhirnya, 69 warga Jabar tersebut diantarkan menuju kabupaten/kota masing-masing dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

Adapun biaya tiket penerbangan untuk pemulangan 69 warga Jabar dari Papua ini diberikan melalui donasi dari Baznas Provinsi Jabar (untuk 54 warga) dan Daarut Tauhid Peduli (untuk 15 warga).

Kepala Dinsos Provinsi Jabar Dodo Suhendar sementara itu menjelaskan, warga Jabar tersebut dalam kondisi sehat dan telah mendapat pemeriksaan kesehatan dari Baznas Papua.

Mereka pun disebut sangat senang karena harapan untuk pulang bisa dikabulkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui dinas dan pihak terkait.

"Nanti juga akan ada berita acara penyerahan warga kepada kabupaten/kota masing-masing. Yang pasti, mereka (warga Jabar) berterima kasih karena pemerintah cepat tanggap dalam merespons warga di Papua," kata Dodo mengakhiri. (hms/red).


×
Berita Terbaru Update