Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur Emil Dihadapan Dubes dan CEO Perusahaan Mempromosikan Potensi Investasi Jabar

Kamis, 24 Oktober 2019 | 16:11 WIB Last Updated 2019-10-25T04:17:49Z
CEO Ambassador Breakfast Meeting:

BANDUNG, Faktabandungraya.com,---- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempromosikan dan mempersentasikan potensi-potensi prospek dan informasi terkait investasi kepada Duta Besar (Dubes) negara sahabat untuk Indonesia dan sejumlah CEO perusahaan ternama.

Selain mempromosikan potensi Jabar, dalam CEO Ambassador Breakfast Meeting, Gubernur Ridwan Kamil didampingi Dino Pati Djajal selaku Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) juga menerima keluhan investor.

Acara CEO Ambassador Breakfast Meeting yang digelar di Hilton Hotel Bandung, Kamis (24/10-2019) merupakan kerja sama antara Pemdaprov Jabar dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) yang dipimpin oleh Dino Pati Djalal, yang dihadiri Para Dubes dan CEO yang tertarik untuk berinvestasi di Tanah Pasundan.

Dihadapan para CEO perusahaan dan Dubes, Gubernur Jabar Ridwan Kamil lebih dulu mempresentasikan prospek dan informasi terkait investasi. Kemudian, para tamu dipersilahkan mengajukan pertanyaan, memberikan masukan, maupun melontarkan keluhan.

“Selain menjelaskan, saya juga mendengarkan curhatan. Salah satu curahatannya tadi dari Korea (Chairman Korea Garment Association, Ahn Chang Sub),” kata Emil.

Keluhan Ahn berkaitan dengan kenaikan upah yang tergolong signifikan. Menurut Emil, keluhan maupun masukan, seperti yang diutarakan Ahn, diperlukan oleh Pemdaprov Jabar untuk mencari solusi.

“Kita akan cari waktu dan rapat untuk membahas keluhan investor Korea. Pekerja Jabar ini sangat produktif dan memiliki keahlian yang bagus. Jadi, mereka bingung. Pindah ke provinsi yang upah lebih rendah, tetapi tidak berkualitas buat apa. Jadi, kita punya kelebihan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Emil juga mendapat masukan dan keluhan dari Dubes Belgia untuk Indonesia. Keluhan tersebut terkait dengan kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia, khususnya Jabar.

“Yang kedua, dari Dubes Belgia, masyarakat Jabar bahasa Inggris pas-pasan. Ini yang menyebabkan daya kompetisi untuk perusahaan global jadi rendah. Ini yang harus kita tingkatkan,” katanya.

“Itu kritikan dari mereka. Hari ini tidak hanya mempromosikan tetapi menerima kritikan yang menjadi masukan untuk saya untuk dicari solusinya,” ucap Emil melanjutkan.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal menyatakan, selain upah, banyak investor ingin dijadikan mitra oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Mereka ingin engagement Pemerintah Daerah dan menjadikan investor sebagai mitra. Keluhan dari investor kebanyakan seperti itu,” kata Dino.

Maka itu, Dino mengapreasi langkah Pemdaprov Jabar yang memerhatikan profit bagi investor. Karena jika investor merasa kerasan berinvestasi di Jabar, mereka akan mengajak rekan bisnis untuk menanam modal ke Tanah Pasundan.

“Kunci sukses Pemda dalam bidang investasi itu adalah mengutamakan keutungan investor dulu. Investor untung apa yang terjadi? investor bayar pajak, langan kerja, dan dia akan melakukan promosi. Saya apresiasi sekali langkah Gubernur Jabar,” ucapnya.

Para Dubes dan CEO pun dapat menggali potensi maupun tata cara berinvestasi di Tanah Pasundan dalam bentuk tanya jawab. Selain Emil, sejumlah kepala dinas ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan para Dubes dan CEO secara komprehensif. (hms/sein).
×
Berita Terbaru Update