Konektifitas Infrastruktur, Mendorong Orang Desa Berpenghasilan Kota

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Komisi IV DPRD Jabar yang membidangi infrastruktur mensupport Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk terus meningkatkan konektifitas infrastruktur. Hal ini penting agar warga desa tidak lagi bermigran ke kota untuk mencari penghasilan.

Menurut Hasbullah, cukup banyak potensi desa di Jabar yang dapat mendorong peningkatan perekonomian warga desa. Namun, sampai saat ini terkendala di sektor infrastrukur yang kurang baik. Bahkan ada yang belum terkoneksitas. Untuk itu, DPRD Jabar khususnya Komisi IV mendorong percepatan konektifitas infrastruktur dari desa ke kecamatan- Kabupaten dan Provinsi.

Komisi IV DPRD Jabar suport rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Gubernur Jawa Barat fokus meningkatkan pendapat masyarakat, warga yang tinggal di desa juga merasakan penghasilan kota, salah satu infstruktur, kata Hasbullah saat ditemui di gedung DPRD Jabar, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan, terkait desa, kalau APBN menyentuh kelembagaan desanya, lewat bantuan Pemerintah Pusat, maka APBD menyentuh rakyatnya. Bantuan Pemerintah Pusat kepada desa yang nilainya mencapai Rp1,5 M itu, silahkan dibangun infrastuktur oleh aparat desa.

"Kalau kita (provinsi) membangun konektifitas infrastuktur antara kota kabupaten, antar provinsi dan sebagainya," kata politisi PAN dari Dapil Kota Depok dan Kota Bekasi.

Selain itu, provinsi juga akan membangun potensi destinasi wisata, baik itu desa wisata, maupun sport-sport foto-nya. "Kita ambil contoh ajalah, negeri di atas awan, yang ada di Banten itukan, sebenarnya simpel. Itu desa, yang kebetulan ada di atas gunung, jadi begitu kita sampe di sana, awan ada di bawahnya," katanya.

Mengingat desa-desa di Jawa Barat juga banyak yang berlokasi di atas gunung. Maka, fenomena yang ada di Provinsi Banten, itu sebetulnya juga banyak di Jawa Barat. "Nah, maksud saya, itu yang perlu kita eksploitasi, supaya desa di jawa barat juga punya income," pungkasnya. (husein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.