Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satgas Citarum Sektor 11 Gelar Sosialisasi di SMK Nurul Hidayah Pasundan Haurwangi

Kamis, 28 November 2019 | 12:32 WIB Last Updated 2019-11-29T05:34:38Z

HAURWANGI, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum Sektor 11 melaksanakan kegiatan sosialisasi program citarum harum di yayasan sekolah SMK Nurul Hidayah Pasundan, Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Kamis (28/11/19). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Nurul Hidayah dan petugas penyuluh kesehatan masyarakat Puskesmas Cikondang, serta diikuti oleh 100 perwakilan siswa serta dewan guru.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Komandan Sektor 11 Kol Caj Firman Aidil diwakili oleh Komandan Kompi 2 Kapt Arm Suhardi,SE mempaparkan latarbelakang program citarum harum tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum dengan dengan landasan diterbitkannya Perpres No 15 Tahun 2018.


Dihadapan para siswa dan dewan guru, Kapten Suhardi menyampaikan berbagai kondisi dan pencemaran yang terjadi di sungai citarum yang memiliki panjang aliran 297 Km mulai dari hulu Situ Cisanti hingga hilirnya di Muara Gembong-Bekasi sebelum dilaksanakannya program ini. Dalam kesempatan ini, dijelaskan bahwa satgas citarum terbagi menjadi 23 sektor, dari setiap sektor memiliki tingkat permasalahan yang berbeda.

Secara umum permasalahan yang terjadi, diantaranya, limbah domestik (rumah tangga), lahan kritis, limbah industri, sedimentasi, limbah kotoran ternak dan manusia.

Dalam kesempatan ini, Kapten Suhardi menerangkan apa saja yang sudah dilakukan oleh sektor 11 upaya dalam menangani pencemaran sungai, mulai dari penanganan mengurangi pencemaran sampah rumah tangga melalui penyediaan bak sampah dan TPS sementara, lalu penanganan pencemaran tumbuhan eceng gondok di aliran sungai, lindih TPA Sarimukti, serta membantu membereskan persoalan kapasitas debit air irigasi yang sangat dibutuhkan para petani di 4 desa (Sumurbandung, Cipatat, Kertamukti dan Sarimukti).

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh siswa yang hadir menyadari dan memahami betapa pentingnya manfaat sungai bagi kehidupan, tidak hanya untuk generasi saat ini, juga untuk generasi mendatang.

"Selain mendapatkan pemahaman tentang program citarum harum, kedepannya agar para siswa lebih sadar lingkungan, merubah perilaku yang tadinya kurang peduli lingkungan menjadi peduli, contohnya yang tadinya buang sampah sembarangan sudah tidak lagi," ujarnya.

"Dari kegiatan ini para siswa bisa menyampaikan apa yang mereka dapatkan dalam kegiatan sosialisasi ini kepada teman temannya," harapnya. (Cuy)
×
Berita Terbaru Update