Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Vokalis Ati Sriati di Konser Amal “Nada-nada nan Tak Bertepi”, Memukau Penonton

Kamis, 14 November 2019 | 11:50 WIB Last Updated 2019-11-14T05:08:28Z
Bandung, Faktabandungraya.com,---“Dalam kesedihan yang pekat, Santuzza bercerita kepada Ibunya; ‘seorang kekasih telah meninggalkanku, Ibu’. Ia membiarkan dirinya terbuai lara. Air mata meneteskan kejujuran, menjelaskan segala lara hatinya. Tiada yang paling setia dan tulus mengajarinya berduka, selain waktu semata.”

Begitu narasi pembuka yang dibacakan Heliana Sinaga sebelum lagu Voi lo sapote dari opera Cavalleria Rusticana karya Pietro Mascagni dilantunkan oleh Ati Sriati. Soprano wanita kenamaan tanah air ini berhasil memukau para penggemar dan sahabat-sahabatnya dalam konser amal bertajuk “Nada-nada nan Tak Bertepi.”

Konser Amal yang digagas Ati Sriati akrab di sapa Ibu Ati dan Mainteater bertempat di Institut Francais Indonesia, Bandung, baru-baru ini, dihadiri 200 penonto.

Perhelatan konser yang menyuguhkan paduan musik, narasi, dan visualisasi yang dibesut langsung oleh direktur artistik, Wawan Sofwan. Konsep ini dibuat untuk menawarkan interpretasi baru kepada para penonton.

Dalam konser tersebut, Ati berkolaborasi bersama dua orang kenamaan yakni Yohanes Siem (pianis) dan Farman Purnama (vokal tenor). Keduanya ditunjuk karena ragam prestasi yang telah mereka berdua emban.

“Bagi saya ini sebuah kehormatan. Sudah lama sekali tidak nyanyi bersama Tante Ati, seperti sudah beberapa tahun. Sekarang bisa bertemu lagi, satu panggung lagi. Seperti mengulang memori,” kata Farnam Purnama.

Ibu Ati dan Farman Purnama sebelumnya memang pernah melakukan duet, misalnya dalam konser “Opera Matinee” prakarsa Giok Hartono dan konduktor Avip Priatna tahun 2011 silam di Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung selama 90 menit, Ibu Ati membawakan 13 lagu berbahasa Indonesia, Inggris, Itali, dan Perancis. Dan ada 8 lagu dilantunkan solo, 2 lagu oleh Farman, dan 3 lagu duet.

Adapun ke 8 lagu tersebut terdiri dari: Kisah Angin Malam karya Saiful Bahri, Dewi Anggraini karya Iskandar, Voi lo sapete dari opera Cavalleria Rusticana karya Pietro Mascagni, Linda di Chamounix dari opera Linda di Chamounix - O luce di quest’ anima karya Gaetano Donizetti, Je veux vivre dari opera Roméo et Juliette karya Charles Gounod, Vissi D'Arte, Vissi D'Amore dari opera Tosca karya Giacomo Puccini, I Dreamed a Dream dari musical Les Misérables karya Claude-Michel Schönberg, dan If I Loved You dari musical Carousel karya Richard Rodgers.

Kemudian dua lagu yang dilantunkan oleh Farman Purnama yaitu, La fleur que tu m’avais jetée dari opera Carmen karya Georges Bizet, dan Evermore Without You dari musical The Woman In White (Andrew Lloyd Webber).

Sedangkan tiga lagu duet Ibu Ati dan Farman yakni Un dì, felice, eterea, dari opera La Traviata karya Giuseppe Verdi, All I Ask of You dari musical The Phantom of the Opera karya Andrew Lloyd Webber, dan Musica proibita (Forbidden Music) karya Stanislao Gastaldon.

Beragam simbol pun dimainkan dalam pertunjukkan tersebut. Misalnya saja pada lagu Voi lo sapote. Lagu tersebut menceritakan mengenai seseorang yang ditinggal pergi oleh kekasihnya. Ia bercerita kepada Ibunya mengenai kegundahan hatinya selama ini. Tata panggung yang semula hanya berisi piano di gigir kiri, lantas terisi sebuah meja dan sepasang kursi. Belum lagi dukungan visualisasi yang menggambarkan beranda. Lagu berbahasa Italia ini lebih terkesan istimewa.

Lalu pada lagu Linda di Chamounix - O luce di quest’ anima, Ibu Ati membawa setangkai mawar merah sebagai tanda kesetiaan Carlo yang terlambat menemui kekasihnya di suatu tempat. Kekasihnya hanya meninggalkan bunga sebagai tanda ia sudah menunggu.

“Apa hanya tinggal bunga ini, Carlo, kekasihku? Aku memang terlambat menemuimu, menepati janji kita. Namun mimpi dan cintaku takkan pernah tertinggal walau sesaat. Sungguh inti mencintaimu itu tiada ukuran di dunia. Sungguh, aku sanggup menantimu sampai dunia tak lagi berarti.” (rls/red).


×
Berita Terbaru Update