Bersama Muspika, Satgas Citarum Sektor 21 Gelar Penanaman 600 Bibit Pohon di Puncak Gede Pangalengan

BANDUNG, faktabandungraya.com,---
Satgas Citarum Harum Sektor 21 bersama Muspika Kecamatan Pangalengan menggelar penanaman 600 bibit pohon di wilayah perkebunanan PTPN VIII Pangalengan, tepatnya di Blok Pasir Korod Afdeling, Puncak Gede Kebun Kertamanah, Desa Marga Mukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandungtelah melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon yang bertempat di Blok Pasir Korod Afdeling Puncak Gede Kebun Kertamanah PTPN VIII Desa Marga Mukti Kecamatan Pengalengan Kab. Bandung, Jumat (10/01/2020).

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat melalui Pasi Sektor 21 Letda Inf Saniyo mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini dihadiri oleh lebih dari 350 orang, hal ini dirasa sangat penting dikarenakan lahan pegunungan di daerah pengalengan banyak yg sudah mulai kritis.

"Penanaman pohon ini dipelopori oleh unsur muspika setempat yang bertujuan untuk memelihara kelestarian hutan di pegunungan wilayah pengalengan sehingga tidak terjadi longsor dikarenakan pohon di sekitar pegunungan tersebut sudah banyak berkurang," jelasnya.

"Satgas Citarum Harum Sektor 21 berkomitmen akan selalu mendukung program tanam pohon di wilayah yang menjadi tanggungjawab dan akan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait baik dari pemerintah maupun komunitas pecinta alam guna mendukung program citarum harum," imbuhnya.


Sementara, menurut pihak muspika yang disampaikan oleh Camat pengalengan Bpk Drs. Eep bahwa masih banyak lahan kritis di wilayah pengalengan yg perlu perhatian serius dari pihak2 terkait sehingga bisa tetap terjaga kelestarian hutan yg ada saat ini.

Sinergitas antara TNI/Polri dan unsur unsur muspika serta para pecinta lingkungan terkait penanaman pohon sangat diperlukan karena dengan kerjasama yang baik, maka program penghijauan di lahan lahan kritis bisa terlaksana dengan baik, disamping itu peran kesadaran para petani penggarap juga sangat diperlukan guna mendukung program citarum harum yang dicanangkan oleh pemerintah, terangnya.

Selain Satgas Sektor 21 dan perangkat pemerintah Kecamatan Pangalengan, kwgiatan penanaman juga dihadiri oleh Manager Start Energi Bpk Ismail,Staf Dinas Perhutani Bpk Lukman, Danramil Pengalengan Kapten Inf Yanto dan jajarannya, Kapolsek Pengalengan Kompol Umar Said dan jajarannya, Para Siswa Pramuka Pangalengan, Para Komunitas Pecinta Lingkungan, LSM kecamatan Pangalengan. (Cuy).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.