Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Bank BJB, Bandara BIJB dan BPJS Ketenagakerjaan Dukung Penuh Program JMSC

MAJALENGKA, Faktabandungraya.com, ---Program Jabar Migrant Service Center (JMSC) yang di luncurkan Pemprov Jabar melalui Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi mendapat apresiasi dan didukung penuh dari berbagai stakeholder untuk mewujudkan dan mensuskseskan program Migran Juara.

Kegiatan Kadis Meeting Plus yang diselenggarakan oleh Disnakaertrans Jabar bersama Disnakertrans Kab/kota dan para stakeholder terkait, dibuka oleh Kadisnakertrans Jabar M. Ade afriandi, dengan agenda fokus membahas perlindungan pekerja migran asal Jabar melalui model Jabar Migrant Service Center (JMSC), di Bandara BIJB Kertajati- Kab Majalengka, Selasa (18/2-2020).

Pada kegiatan tersebut, selain Kadisnakertrans Jabar yang memberikan paparan juga perwakilan dari Bank BIJB, Bandara BIJB dan BPJS Ketenagakerjaan Jabar , BPS Jabar.

Isa Anwari
Kepala Divisi Hubungan
Kelembagaan Bank BJB
Menurut Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan Bank BJB Isa Anwari, Bank BJB sangat mendukung program JMSC terutama dari sisi pendanaan yang dibutuhkan oleh calon pekerja Migran Jabar. Mulai dari kebutuhan persiapan , keberangkatan, selama menjadi pekerja migran dan pasca menjadi pekerja migran.

Untuk persiapan, kita berikan dukungan permodalan, untuk mempersiapkan kebutuhan administrasi, mengikuti pelatihan, pembuatan Paspor, Visa sampai uang saku calon pekerja migran asal Jabar. Sedangkan untuk kebutuhan pemberangkatan, kita bantu pinjaman dana ongkos pergi dan uang saku selama pekerja tersebut belum menerima gajih dari tempat yang bersangkutan bekerja.


Selama menjadi pekerja migran, kita minta agar uang yang ditransfer ke rumah tetap menggunakan Bank BJB. Sedangkan pasca menjadi pekerja migran, kita juga lakukan pembinaan, agar mantan pekerja migran dapat menjadi pelaku wirausaha sebagai mitra Bank Bjb.
Bank bjb akan terus mensupport Disnakertrans Jabar dalam mengelola migran, termasuk menambah payment point di LTSA-LTSA dan layanan KUR, ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM BIJB Kertajati , Moch Singgih mengatakan, Bandara BIJB yang merupakan Bandara internasional milik Jawa Barat, tentunya sangat mendukung sekali program JMSC yang diluncurkan oleh Disnakertrans Jabar.

BIJB menyambut baik dan mendukung penuh kelancaran bepergian dan kepulangan pekerja migran Jalar melalui Bandara BIJB Kertajati. Apalagi program JMSC ini dibuat secara terintegrasi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam penangan pekerja migran.

Moch Singgih,
Direktur Keuangan dan SDM
BIJB Kertajati
Nanti semua Pekerja Migran asal Jabar yang menggunakan dan memanfaatkan Bandara BIJB untuk kepentingan bepergian maupun kepulangan pekerja migran melalui BIJB semua terdata, sehingga diharapkan tidak ada lagi pekerja migran Jabar ilegal, karena semua sudah terintegrasi secara online ”, ujarnya.

Singgih menambahkan, bahwa BIJB Kertajadi akan dijadikan bandara yang ramah kepada PMI, dan kami juga merasa mendapat support dan mengapresiasi upaya Disnakertrans mengintegrasikan BIJB ke dalam bisnis proses JMSC.


Selain itu, kini BIJB sudah menjalan kersama dengan operator penerbangan dari Malaysia Airline di BIJB yang melayani penerbangan dari/ke Kualalumpur, ungkap Singgih.

Singgih juga mengatakan, bahwa pada musim Haji 2020 sekarang, Kemenag RI sudah menetapkan Bandara BIJB dipastikan dijadikan Bandara Keberangkatan dan Kepulangan Jama’ah Haji asal Jabar. Ditambah lagi, keberangkatan jemaah untuk ber- Umroh, dan para pekerja Migran juga melalui BIJB. Dengan semakin meningkatnya tingkat penggunaan konsumen melalui BIJB tentunya semakin besar pula PAD Jabar yang dapat dihasilkan BIJB, ujarnya.

Guna meningkatkan tingkat penggunaan konsumen, BIJB terus berupaya menjalin kerjasama dengan operator penerbangan untuk membuka rute-rute penerbangan dari/ke berbagai kota di Indonesia melalui BIJB, ungkapnya.

Kepala BPS Jabar, Dodi Herlando dalam paparannya selain mendukung JMSC karena akan membantu BPS dalam penyediaan data ketenagakerjaan, nuga mengharap dukungan dan partisipasi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk online yang baru dimulai beberapa waktu yang lalu.

Hal senada juga disampaikan Asdep BPJamsostek Wilayah Jawa Barat sebagai bagian integral JMSC karena telah mengikat kerjasama dengan Bank bjb dan Disnakertrans Jabar, mengedepankan perlunya aspek hukum di negara tujuan penempatan, tandasnya. (husein).

Posting Komentar

0 Komentar