Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Luncurkan Program AMS , Pemprov Jabar Tunjuk 300 Ajengan Masuk Sekolah

Senin, 17 Februari 2020 | 12:46 WIB Last Updated 2020-02-17T05:47:39Z
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika (Ike) secara resmi me-launching program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) bersamaan kegiatan apel pagi/ upacara bendera yang dihadiri para guru dan siswa SMA Negeri 20 Kota Bandung, Senin (17/2/2020).

Menurut Wagub Uu R Ulum, program AMS bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak kepada siswa yang disampaikan langsung oleh ajengan alias guru agama atau kiai yang bersumber dari Kitab Kuning untuk menamengi generasi muda dari dampak buruk perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

“Kegiatan yang bernuansa keremajaan tidak dilarang, tetapi harapan kami ada kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan yang meningkatkan iman dan takwa para peserta didik,” ujarnya.

Uu R Ulum mengatakan, sampai saat ini Pemprov Jabar sudah menunjuk sebanyak 300 orang ajengan yang akan terlibat dalam Ajengan Masuk Sekolah (AMS). Nantinya, program AMS ini akan disesuaikan dengan berbagai kegiatan dan kurikulum yang telah ada di sekolah-sekolah di Jabar.

Dikatakan program AMS yang diluncurkan Pemprov Jabar merupakan bentuk implementasi salah satu program prioritas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk dengan memanfaatkan bonus demografi.

“Maka, program AMS ini akan memberi warna tersendiri dalam pendidikan karakter anak,” katanya.

“Sehingga saya berharap dengan program ini, siswa SMA dan SMK di Jawa Barat selain mempunyai ilmu pengetahuan yang bersifat duaniawi yang hebat, juga mempunyai budi pekerti yang luhur,” ujarnya.

Menurut KH Hasan Nuri Hidayatullah ajengan yang hadir dalam launching program ini, ilmu pengetahuan penting sebagai bekal kehidupan. Sosok yang akrab disapa Gus Hasan ini pun menegaskan, para generasi muda saat ini adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Untuk itu, Gus Hasan menuturkan ada dua hal yang perlu dilakukan agar ilmu pengetahuan yang didapat menjadi berkah dan bekal di masa depan, yaitu niat dan belajar dengan modal kesungguhan.

“Dalam mencari ilmu niatkan karena Allah SWT, karena kehidupan kita di dunia ini karena Allah SWT. Dalam sebuah riwayat dikatakan, apabila kita mencari ilmu karena Allah maka kita akan beruntung,” ucap Gus Hasan.

“Kedua, niatkan mencari ilmu karena Rasulullah Muhammad SAW, karena didasari cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW caranya dengan mengikuti perintah atau anjuran Rasulullah Muhammad SAW. Ketiga, niatkan bersyukur kepada Allah SWT. Karena akal yang diberikan oleh Allah kita syukuri akal yang ada diri kita,” imbuh Ketua PWNU Jabar ini.

Program AMS pun disambut baik oleh para siswa di SMA Negeri 20 Kota Bandung, salah satunya Muhammad Rifa dari Kelas IPS II. Rifa menilai program AMS baik untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan dirinya dan siswa lain. Dia pun berkomitmen untuk mengikuti program AMS dengan baik bersama teman-temannya.

“Alhamdulillah, ada program ini (AMS) saya harap bisa lebih memajukan siswa di sekolah dan lebih mengutamakan agamya dan tidak melupakan sekolah,” ungkap Rifa.

“Dan yang ingin saya pelajari dari program AMS ini saya ingin lebih mendalami lagi ilmu agama, agar bisa lebih giat lagi beribadah,” tandasnya. (hms/sein).

×
Berita Terbaru Update