Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Satgas Citarum Sektor 7 Tanam Ribuan Bibit Vertiver di Bantaran Sungai Bersama Siswa Pramuka

BALEENDAH, faktabandungraya.com,---
Satgas Citarum Sektor 7 melaksanakan penanaman ribuan bibit pohom Vertiver di sepanjang bantaran sungai Citarum di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (6/2/2020). Hal ini menindaklanjuti apa yang telah digalakan oleh Presiden RI saat melakukan penanaman Vertiver di Kabupaten Bogor beberapa hari yang lalu, dan dilanjutkan oleh Pangdam III/Siliwangi di bantaran Citarum.

Kegiatan penanaman ribuan bibit Vertiver dipimpin langsung oleh Dansektor 7 Kol Kav Purwadi bersama Kepala Sekolah SMPN 3 Baleendah Asep Suparman beserta puluhan siswa nya, Endang Supardi Andalan Penanggulangan Bencana dengan 30 Pramuka Ranting Baleendah, siswa SDN 2 dan 3 Rancamanyar, Penggiat Lingkungan, Relawan juga warga sekitar.


Setelah dilaksanakan apel bersama, seluruh peserta penanaman langsung mengambil posisi satu kilometer kiri dan kanan sepanjang bantaran Sungai Citarum di Rancamanyar.

"Sesuai dengan arahan Presiden RI serta Perintah dari Pangdam III/Siliwangi bahwa dibantaran Citarum harus ditanami Vertiver untuk menghindari longsor atau tergerus aliran Citarum," kata Dansektor 7 Dilokasi kegiatan penanaman.

Menurut Dansektor 7, penanaman Vertiver ini dilakukan sebagai upaya perbaikan struktur tanah, sekaligus untuk mengurangi erosi dan tanah longsor.

"Penanaman ini menjadi sangat penting mengingat bantaran sepanjang Sungai Citarum Sektor 7 dinaikan, jadi solusi untuk menahan bantaran yang ditinggikan ya Vertiver ini," terang Kolonel Kav Purwadi.

Ditambahkan Kolonel Kav Purwadi, "di sektor 7 ada beberapa lokasi pembibitan Vertiver, yaitu di bantaran Desa Pangauban, Pasawahan dan Sangkanhurip, bahkan sektor 21 pun mengambil Vertiver dari pembibitan Desa Pangauban,"ungkapnya.

Asep Suparman Kepala Sekolah SMPN 3 Baleendah menyampaikan bahwa sebagai Sekolah penerima Adiwiyata, sudah menjadi kewajiban mengikuti penanaman Vertiver di sektor 7.

"Saya selaku Kepala Sekolah penerima Adiwiyata sangat berterima kasih kepada Dansektor 7 karena telah melibatkan sekolah dan siswa kami dalam penanggulangan DAS Citarum", ujarnya. (red/Pendam III).

Posting Komentar

0 Komentar