Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Bantu Pencegahan Penyebaran Wabah Corona, Satgas Citarum Sektor 21-15 Dirikan Posko Relawan Covid 19

BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Guna membantu mempersempit penyebaran wabah pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sumedang, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 bekerjasama dengan aparat kewilayahan mendirikan Posko Relawan Covid 19 di Dusun Taneuh Beureum Rt 05 Rw 07, desa Cinanggung, Kecamatan Cimanggung, Sumedang.

Upaya ini, kata Serka Eri K-Satgas Subsektor 15-, menindaklanjuti arahan Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat dalam membantu aparat kewilayahan dalam pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berakala Besar) wilayah Bandung Raya, termasuk Kabupaten Sumedang.

"Tapi dengan tidak meninggalkan tugas pokok sebagai satgas citarum menjaga lingkungan sungai. Satu hari kita di sungai, satu hari kita membantu pelaksanaan di posko relawan," ujarnya, Minggu malam (26/4/2020).


Awalnya, kata Serka Eri, satgas tergerak karena di wilayah desa Cinanggung, tepatnya di sekitar Posko Subsektor 15 Sumedang belum memiliki Posko Covid - 19, padahal Kecamatan Cimanggung salah satu wilayah yang dinyatakan Zona merah oleh pemerintah Kabupaten Sumedang.

"saya insiatif mengundang dan mengajak bapak Heri (Rw 07) agar berkordinasi dengan pihak Desa Cimanggung agar segera di buatkan Posko Covid - 19 dan alhamdulillah dari pihak Desa, bapak kepala Desa Cimanggung mengijinkan kegiatan ini," katanya.

Meskipun dirinya mengakui belum mendapatkan izin secara langsung dari Komandan Sektor, namun sesuai perintah Dansektor agar membantu desa atau wilayah sekitar dalam plaksanaan PSBB supaya berjalan lancar.

Dengan didirikannya posko relawan ini, semoga dapat mempersempit penyebaran wabah dan wabah ini segera dapat berakhir, ungkap Serka Eri.

Dalam pelaksanaannya, relawan dari kewilayahan dari perangkat desa hingga RW juga Karang Taruna, didampingi Babinsa dan Kamtibmas setempat memeriksa setiap kendaraan yang melintas.

"Warga yang lewat wajib menggunakan masker, dan apabila ada yang tidak menggunakan masker kita arahkan untuk balik kanan, dan apabila warga yang berasal dari luar kota sumedang diwajibkan putar arah," jelasnya.

"Kecuali bila keperluan ekspedisi atau mengantar barang, kita cek suhu tubuh, bila suhu tubuh dibawah 38 derajat (celsius) kita perbolehkan," imbuhnya.

Dengan didirikannya posko ini, dari Subsektor 15 menyumbang 1 jerigen sabun cuci tangan. Dari warga ada yang menyumbang disinfekstan dan dari gugus setempat menyiapkan alat deteksi tubuh, tenda dan alat semprot disinfektan.

Posting Komentar

0 Komentar