Hadiri FGD Edukasi PHBS, Satgas Citarum Sektor 21 Ajak Semua Komponen Bersinergi Kembalikan Ekosistem DAS Citarum

BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum Sektor 21 hadiri kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Edukasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang digelar di Gedung Aula Kecamatan Baleendah, Jalan Adipati Kertamanah No. 2, Kabupaten Bandung, Jumat (19/6/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat diwakili Lettu Sukisworo menyampaikan berbagai upaya yang sudah dan akan dilakukan satgas citarum sektor 21 untuk mengembalikan kelestarian dan ekosistem DAS Citarum.

"Dan alhamdulillah capaian atau hasil yang telah kami kerjakan selama kurun waktu jalan tahun ke tiga ini sudah bapak dan ibu sekalian ketahui dan dirasakan oleh masyarakat," ujar Lettu Sukisworo dalam paparannya.

Selama ini, terang Lettu Sukisworo, Satgas Sektor 21 telah melaksanakan penanganan dan pembersihan sampah di sepanjang DAS Citarum, khususnya anak dan cucu sungai Citarum yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, Cimahi dan Sumedang dari berbagai pencemaran.

Mulai dari pencemaran sampah dan limbah industri, "melakukan tindakan tegas terhadap perusahaan yang membuang limbah tidak sesuai dengan baku mutu yang telah di tetapkan. Selanjutnya satgas mengecek IPAL secara berkala dan pembuatan komitmen agar perusahaan selalu memperhatikan limbah yang dibuang kesungai agar tidak merusak ekosistem." ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, yang juga dihadiri Kasi Pencegahan Bencana BPBD Bapak Ecep Kusnadi, Kasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ibu Indah Dwiyanti. Lettu Sukisworo menyampaikan pentingnya kerjasama dengan semua stakeholder yang terkait.

Satgas Sektor 21 Citarum harum, kata Lettu Sukisworo, mulai awal tahun 2020 bekerjasama dengan Dinas LH Kota Cimahi sedang mengembalikan fungsi hutan kota Cimahi (Taman Kehati) di daerah kampung Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi utara.

"Selain fungsinya sebagai hutan kota namun kedepan bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi dan edukasi," harapnya.

Dirinya mengajak semua yang hadir dalam kegiatan untuk bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menjaga dan mengembalikan kelestarian ekosistem DAS Citarum, mulai dari keluarga dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Bapak dan ibu yang sudah dibentuk sebagai kader kami harapkan setelah ini aktif dalam kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang PHBS, juga untuk kader PKK yang telah ditunjuk kami harapkan kerjasamannya dengan para Dansubsektor 21 yang ada diwilayah masing-masing," pungkasnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.