Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

BNPB Gelar Zoom Meeting Mitigasi Terpadu Bencana Banjir Sungai Ciliwung

BNPB Gelar Rapat Virtual Mitigasi Terpadu Bencana Sungai Ciliwung ( foto : istimewa)  
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar rapat virtual Mitigasi Terpadu Bencana Banjir sungai Ciliwung. Kegiatan rapat diikuti oleh pemangku kebijakan Pemerintah DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.


Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa ada beberapa poin yang harus ditekankan, dimulai dari pemetaan dan pendataan permasalahan di tiap daerah. Perlunya pembentukan satu kesatuan untuk menangani permasalahan.

"Karena penanganan di tiap daerah berbeda-beda," katanya, Selasa malam melalui Zoom Meeting, (22/12/2020).

Letjen Doni Monardo juga menginginkan perlunya pionir di tiap daerah baik dari komunitas dan instansi pemerintah.

"Mengatasi masalah lingkungan perlu semangat," ujarnya.

"Dana dan anggaran bukan solusi terbaik tapi semangat ingin memperbaiki lingkungan adalah faktor terpenting," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Kol Inf Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 Satgas Citarum sebagai peserta juga ikut memaparkan penanganan pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Mulai dari pemetaan permasalahan hingga upaya yang sudah dilakukan, baik dari pembenahan ekosistem oleh Satgas Sektor (TNI) dan penindakan pelanggaran pencemaran oleh pihak penegak hukum lingkungan (Polri dan Gakkum KLHK serta Dinas Lingkungan Hidup).

Selain itu, pelibatan masyarakat melalui sosialisasi dan karya bakti sungai secara rutin di tiap wilayah atau sektor satgas Citarum Harum. (Cuy)