Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Iis Turniasih Berharap Keberadaan Pelabuhan Patimban Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Hj.Iis Turniasih, Anggota Komisi IV DPRD Jabar dari FPDIP (foto;istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih berharap dengan telah beroperasional pelabuhan Internasional Patimban di Kabupaten subang-Jabar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah Pantura Jawa Barat semakin meningkat.

Keberadaan pelabuhan Patimban harus dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat sekitar pelabuhan atau masyarakat pantura. Terutama dalam penyerapan lapangan pekerjaan, harap Hj.Iis Turniasih saat dihubungi kemarin.

Menurut Hj.Iis Turniasih, pelabuhan Internasional Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional yang berhasil diselesaikan di tengah pandemi Covid-19. Dan  presmian tahap pertama, pelabuhan Internasional Patimban sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Desember 2020, lalu.

Dalam sambutan secara virtual, Presiden Jokowi mengatakan, proyek Pelabuhan Internasional Patimban ini memiliki peranan penting dan strategis dalam perekonomian di Tanah Air.

Dengan adanya Pelabuhan Internasional Patimban dapat menstimulasi tumbuhnya arus barang dan jasa atau logistik dari dan ke Pelabuhan Cirebon, Kawasan Industri Karawang, Sumedang, Majalengka, hingga jalan tol yang mempertemukan Jakarta, ujar Iis Turniasih.

Politisi perempuan PDI Perjuangan Jabar ini menambahkan, pertumbuhan ekonomi harus didukung dengan fasilitas dan sarana penunjangnya seperti bandara dan pelabuhan, yang membuat transportasi untuk pengiriman barang, logistik serta pengiriman hasil hasil produksi dari semua hasil industri yang ada di Jawa Barat ini bisa tersampaikan dengan baik ke tujuannya sehingga menciptakan Pembangunan Pelabuan Patimban yang Berkeadilan.

“Kedepan, Pelabuhan Patimban akan melengkapi Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati yang sudah lebih dahulu beroperasi. Didukung adanya jalan tol yang menghubungkan bandara atau pelabuhan ke sentra sentra industri yang ada di Jawa Barat ini maka tidak mungkin hal itu (pertumbuhan ekonomi) akan terjadi dengan baik.Kalau melihat situasi yang ada disini, kami optimis,” jelasnya.

Menhub RI menjelaskan tentang pelabuhan Internasional Patimban di Subang (foto:istimewa)

Lebih lanjut wakil rakyat dari Dapil Kabupaten Purwakarta-Karawang ini mengatakan, berdasarkan kondisi yang ada di lapangan, semuanya sudah berjalan dengan relatif baik, meski saat ini masih ada kendala dan dampak di masyarakat dari aktivitas pembangunannya, pihaknya terus mendorong Pemerintah provinsi maupun Kabupaten untuk mengakomodir usulan dan masukan masyarakat agar dapat mewujudkan rasa keadilan yang berdampak positif bagi warga setempat serta bagi seluruh masyarakat Jawa Barat.

Kita sangat berharap, masyarakat Subang dapat diberikan kesempatan atau terakomoadasi untuk berpartisipasi, untuk itu, mohon diberikan akses dan kesempatan oleh pihak perusahaan atau kontraktor, karena selama ini akses sangat minim. Tandasnya. (adikarya/husein).

Posting Komentar

0 Komentar