Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Ir.H.Herry Dermawan : Jadi ODTW Primadona, Masyarakat Pangandaran Harus Jadi Duta Wisata

Pantai Pangandaran  (foto;istimewa) 

PANGANDARAN, Faktabandungraya.com,--- Kawasan pantai Pangandaran sejak ditetapkan sebagai objek destinasi tujuan wisata (ODTW) Primadona di Jawa Barat, sejak dua tahun ini terus dipercantik dan ditata dengan ditambah sarana-prasara sedemikian rupa untuk menambah daya tarik calon wisatawan regional dan nusantara maupun manca negara.

Berbagai ornamen memiliki nilai seni tinggi di pasang di beberapa sisi pantai pangandaran, termasuk juga penataan kawasan pasar tradisional dan rumah makan.  Bahkan kini sarana infrastruktur jalan baik jalur menuju pantai maupun dilingkungan pantai sudah dalam kondisi mantap.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H. Herry Dermawan, kemajuan dan kemolekan kawasan pantai Pangandara mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat. Namun, bayak kalangan berharap, kemajuan dan keindahan Pantai Pangandaran hendaknya diiringi dengan mengedukasi mental masyarakatnya.  Hal ini penting, agar masyarakat Pangandaran bisa menjadi duta wisata, seperti yang dilakukan oleh masyarakat di pulau Dewata Bali.

“Sebagai ODTW Primadona tentunya harus mendapat dukungan dari semua kalangan, baukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari kalangan pelaku wisata dan pelaku usaha termasuk juga masyarakat pangandaran yang bermukim di sekitar pantai Pangandaran”.

Demikian dikatakan, Herry Dermawan dari dapil Jabar XIII yang meliputi Kab. Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar ini, kepada media saat  dihubungi melalui telepon selulernya, Ahad (21/03-2021).

Kalau secara fisik sudah ok ! Artinya tujuan wisatanya sudah banyak, pantainya tertata, sekarang tinggal bagaimana pemerintah mengedukasi masyarakat agar semua masyarakat pangandaran ini bisa jadi duta wisata, ujar anggota Komisi II DPRD Jabar ini yang membidangi Perekonomian, meliputi: Perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Koperasi dan Pengusaha Kecil serta Pariwisata.

Keindahan pantai Pangandaran 

Politisi PAN Jabar ini mengatakan, artinya mereka ramah kepada wisatawan, seperti di Bali lah, yang menganggap semua masyarakatnya sebagai duta wisata. Dan satu hal yang cukup penting juga, keindahan dan kebersihan pantai  harus tetap terjaga dari berbagai sampah.

Selain itu, Pangandaran sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) tentunya cukup besar  anggaran negara yang telah digelontorkan untuk mempersolek dan menata kawasan pantai Pangandaran, baik dari APBN, maupun APBD Jabar dan Kab.Pangandaran.

Namubn, Herry juga mengakui bahwa kawasan Pantai Pangandaran sempat ditutup untuk wisatawan Nasional dan  Manca Negara selama beberapa bulan sejak pandemi melanda Indonesia. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona (covid-19).

Kini kawasan pantai Pangandaran sudah mulai dibuka untuk wisatawan, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dan semoga pandemi cepat berakhir, agar wisatawan dari mana saja dapat menikmati kondisi terkini pantai Pangandaran setelah ditata dan dipercantik, tandasnya. (adikarya/husein).