Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Menanti Beroperasional Tol Cisumdawu Yang Terkoneksi Dengan Tol Akses BIJB Kertajati

Pekerjaan pembangan Tol Cisumdawu di kebut  (foto:istimewa)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pemerintah pusat telah menargetkan pada akhir tahun 2021, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ( Cileuyi- Sumedang dan Dawuan) akan tuntas. Untuk, itu, pekerjaan fisik/ kontruksinya kini sedang dikebut.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 km di Provinsi Jawa Barat terdiri dari enam seksi akan terhubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Namun, dalam pekerjaannya
pembangunan proyek jalan tol ini mengalami keterlambat dari rencana waktu pekerjaan, hal ini lebih disebebkan karena terganjal pembabasan lahan yang akan terkena proyek tol Cisumdawu.

Kini lahan yang menajadi kendala pembangunan proyek tol Cisumdawu sudah dibebaskan oleh pemerintah. Untuk itu, sekarang tengaqh dikebut pekerjaan fisiknya, agar dapat tun tas sebelum akhir tahun 2021 ini.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, H. Memo Hermawan, membenarkan adanya keterlambatan dalam pembangunan proyek tol Cisumdawu.  Keterlambatan tersebut semata-mata disebabkan berlarut-larutnya pembebasan lahan yang  terkena proyek tol Cisumdawu.   

Pemerintah pusat sudah menargetkan pembangunan jalan tol Cisumdawu akan tuntas sebelum akhir tahun 2021 ini, untuk itu, kita berharap agar apa yang telah ditargetkan dapat benar-benar tercapai

Jadi, Kita tunggu saja, karena waktu terus bergerak, dan sekarang sudah masuk  pertengah April, jadi masih ada waktu sekitar 8 bulan lagi”, ujar politisi senior PDIP Jabar ini saat diminta tanggapan terkait progres Tol Cisumdawu.

Beroprasional Tol Cisumdawu tentanya sangat mendukung kelancaran transportasi dari Bandung-ke Bandara BIJB Kertajati, karena dapat mengemat waktu tempuh dan  kelancaran arus transportasi dari Bandung ke BIJB Kertajati PP dapat ditempuh dalam waktu kurang 1 jam.

Sebagai informasi bahwa Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 km terdiri dari enam seksi akan terhubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati .

Untuk pembangunannya, Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi, Seksi 1 dan 2 yang dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut dan Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) selaku investor.

Total nilai investasi proyek Jalan tol Cisumdawu seluruhnya sebesar Rp 8,4 triliun. (adikarya/husein).