Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

DPRD Jabar Mendorong Pemerintah Untuk Membangun Jalur Tengah Selatan Dari Sukabumi ke Ciamis.

M.Hasbullah Rahmat, S.Pd.M.Hum ( Foto:istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- DPRD Provinsi Jawa Barat menyambut positif
 dan sangat  mendorong rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Kota untuk membangun jalur Tengah-Selatan yang menghubungkan dari Kabupaten Sukabumi hingga Kabupaten Ciamis.  

Selama ini masyarakat yang berada di  Tengah Selatan, kalau ke Sukabumi atau ke Ciamis, harus  melalui  Sukabumi-Bandung-Ciamis, pun sebaliknya. Sedangkan kalau melalui Jalur Pantai Selatan juga tetap jauh.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum membenarkan bahwa beberapa bulan lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui Dinas Bina Marga dan Pentaan Ruang (BMPR), nyampaikan kepada Komisi IV DPRD Jabar tentang  rencana pembangunan jalur Tengah Selatan.

“ Ya, pada sekitar awal tahun 2021, Dinas BMPR Jabar menyampaikan bahwa pemerintah provinsi Jabar, berencana akan membangun jalur Jabar Tengah Selatan yang panjangnya diperkirakan mencapai 312 KM mulai dari Kabupaten Sukabumi sampai Kabupaten Ciamis”.

Demikian dikatakan Hasbullah Rahmat saat dikonfirmasi, terkait rencana pemabnguan jalur Jabar Tengah Selatan, melalui telepon selulernya, Senin, (24/5-2021).

Jalur baru Jabar Tengah Selatan ini bertujuan mempermudah masyarakat mengakses kawasan tengah dan selatan Jabar, di antaranya untuk perekonomian, pendidikan, dan kesehatan. Contohnya, untuk mengakses Rumah Sakit Jampangkulon (Sukabumi) dan Pameungpeuk (Garut)..

“Jarak antara Jalur Pantai Selatan dengan Jalur Tengah itu hampir antara 75 kilometer sampai 100 kilometer. Jadi masyarakat yang di jalur tengah ini mau ke Jalur Tengahnya jauh, mau ke Jalur Selatannya jauh. Dari situ awalnya untuk membangun Jalur Tengah Selatan,”  kata Hasbullah menyetir apa yang pernah disampaikan oleh Dinas BMPR Jabar ke Komisi IV DPRD Jabar.

Dinas BMPR Jabar juga menyampaikan bahwa rencana pembangunan jalur Jabar Tengah Selatan sudah disampaikan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pihak Dinas BMPR Jabar juga  menyampaikan , bahwa selain disampaikan ke Menko Marves dan Bappenas agar masuk sebagai program usulan dari Pemprov Jabar.  Selain itu,  Pemprov Jabar juga melakukan koordinasi dengan Kabupaten/kota yang wilayahnya dilantasi Jalur Tengah Selatan.

Ya, kita sangat berharap pihak Bappenas benar-benar memmasukan dalam program nasional, sehingga, dapat bantuan anggran APBD pada saat pembangunan jalur Jabar Tengah Selatan, sehingga tidak terlalu memberatkan anggaran APBD Jabar dan APBD Kab/kota yang dilintasi Jalur Jabar Tengah Selatan nantinya., harap Hasbullah dari Fraksi PAN DPRD Jabar ini.

Apakah sudah ada siteplannya ?..., Kalau secara detail belum, tetapi pihak Dinas BMPR sudah memberikan gambaran, rencana jalurnya, yaitu dimulai dari Pelabuhanratu di Sukabumi, menuju pertengahan Surade, menuju pertengahan Cidaun-Cianjur, kemudian melewati Ciwidey dan Pangalengan, dilanjutkan ke Cikajang dan Selatan Tasikmalaya, kemudian ke Ciamis dan berdekatan dengan Kota Banjar.

Jalur Jabar Tengah Selatan ini, bukan jalur yang sudah ada, tetapi benar-benar jalur baru, tandasnya. (adikarya/husein).

 

Posting Komentar

0 Komentar