Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Siswa Diktukba Rindam XII/Tpr, Setiap Hari Melaksanakan Senam Kebugaran Stimulasi Peningkatan Imun

Senam Kebugaran Stimulasi Peserta Didik DiktubaRindam XII/Tpr (foto:rindam)
SINGKAWANG, Faktabandungraya.com,--- Untuk menjaga kebugaran dan ketahan imum tubuh seluruh Peserta Didik (Serdik) yang lagi mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD TA 2021, di Rindam XII/ Tanjungpura, setiap hari dilakukan Senam Kebugaran .

Menurut Guru militer/ pembina Rindam XII/Tpr,  Mayor Inf Irzal dalam rilis yang diterima redaksi Faktabandungraya.com, Senin (24/5-2021), kegiatan Senam Kebugaran Stimulasi yang dilaksanakan di lapangan di Lapangan Tembak Karaben Rindam XII/Tpr yang dipimpin oleh Bintara Jasmani, Sertu Sularno.

Adapun tujuannya, untuk  meningkatkan imun tubuh seluruh Peserta Didik dan para pembina/ pelatih yang ada di Rindam XII/Tpr, ujar  Mayor Inf Irzal.

Selama kegiatan senam kebugaran, kita di Rindam XII/Tpr ini tetap menerapkan protokol kesehatan, hal ini demi mencegah penyebaran Covid-19.  Jadi kegiatan senam ini meruapakan salah satu langkah preventif agar peserta didik Rindam XII/Tpr terhindar dari covid-19.

Dimasa pandemi sekarang ini, sistem imun tubuh sangat berperan penting dalam melawan virus-Covid-19. Menyadari hal tersebut, Rindam XII/Tpr selalu melaksanakan tracking kesehatan terhadap seluruh Serdik Rindam XII/Tpr terhindar dari Covid-19, ujarnya.

Senam Kebugaran Stimulasi Peserta Didik DiktubaRindam XII/Tpr (foto:rindam)
Sementara itu, Bajas menambahkan, bahwa gerakan pertama pada senam ini adalah dengan mengetuk titik kelenjar timus (terletak di tengah rongga dada/diantara paru-paru) menggunakan 3 jari kedua tangan secara bergantian sambil menarik nafas panjang dari hidung dan hembuskan lewat mulut.

Langkah kedua adalah mengetuk titik meridian limpa (terletak di garis sisi luar dada) dengan cara ketukan yang sama dengan langkah pertama. Kelenjar timus dan limpa pada tubuh memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Untuk kegiatan senamnya Stimulasi dilakukan tiga kali dalam setiap hari secara rutin, yaitu pada pagi, siang, dan sore hari. Selain senam kebugaran, tentunya dari sisi makan dan minuman juga  sangat kita perhatian.  

Peserta didik diberikan konsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga dan selalu berpikir positif agar tidak stres. Dengan demikian sistem imun tubuh kita akan bekerja dengan baik dalam menangkal virus," ujar Bajas.

 Ada beberapa cara untuk menjaga dan  meningkatkan imun tubuh, diantaranya adalah  Senam yang dijadikan salah satu jenis olahraga untuk dianjurkan kepada  penderita sakit jantung agar daya tahannya kuat demi mencegah tertularnya COVID-19. Tandasnya. (rindam/red).


 

Posting Komentar

0 Komentar