Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

DPRD Jabar Dukung Penataan dan Revitalisasi Kalimalang Bekasi Jadi Destinasi Wisata Air

Design penataan dan revitalisasi Kalimalang-Bekasi karya Gubernur Jabar Ridwan Kamil,  yang akan menjadi destinasi wiata air dan kebanggaan Warga Bekasi
( foto:humas)

BANDUNG, Faktabandungaraya.com,--- DPRD Provinsi Jawa Barat sangat mendukung dilakukan penataan dan revitalisasi Kalimalang-Kota Bekasi. Hal ini pneting dalam rangka penanggulangan banjir dan sekaligus sebagai destinasi wisata air dan tempat hiburan untuk masyarakat.

Penataan dan revitalisasi Sungai Kalimalang digagas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk dijadikan destinasi wisata air.

Berdasarkan master plan, bahwa revitalisasi Kalimalang terdiri dari empat segmentasi ruas, yaitu ruas selebrasi 15.172 m2, ruas komunitas 16.980 m2, ruas hijau edukasi 17.610 m2, dan ruas ekologi 10.081 m2. Dengan anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp.23 Miliar sudah disetujui dan dianggarkan dalam APBD Jabar.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum membenarkan bahwa DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar telah menyetujui dilakukan penataan dan revitalisasi Kalimalang untuk dijadikan Destinasi Wisata Air dan tempat hiburan masyarakat.

“Kita sudah anggarkan sebesar Rp.23 Miliar dalam APBD Jabar, namun, karena masih kondisi Pandemi Covid-19, maka saat ini baru terpakai sekitar Rp.4 miliar.  Pekerjaannya akan teruskan sesuai dengan master plan yang dirancang Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kata Hasbullah saat dihubungi melalui telepon selulernya,  terkait penataan dan revitalisasi Kalimalang di Kota Bekasi, Kamis (24/6-2021).

 “Tentu saja diharapkan bisa menjadi tempat hiburan karena ditata menjadi taman-taman mini, tempat orang berjalan kaki dengan santai, dan yang kedua tentunya kita berharap betul dengan adanya kedalaman yang ada, lebar yang ada, dua pintu air, saya kira berfungsi salah satunya untuk pengendalian banjir,” katanya.

Hasbullah juga mengatakan, beberapa hari lalu Komisi IV mengontrol kelapangan, pekerjaan penataan dan revitalisasi Kalimalang tahap satu suah beres dgan anggaran yang terpakai sebesar Rp.4 miliar. Bahkan hasil pekerjaannya sudah di PHO (provisional hand over).  Namun, untuk pekerjaan tahap dua belum dimulai, ini menjadi PR berikutnya, ujarnya.

Lebih lanjut, Hasbullah yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar ini mengatakan, pada saat Komisi IV DPRD Jabar gelar rakor dengan pihak Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar, pihak Dinas SDA menyampaikan bahwa master plan penataan dan revitalisasi Kalimalang yang digagas Gubernur Ridwan Kamil , merupakan hasil studi literature pada saat ke Cheonggyecheon River di Seoul Korea Selatan dan ke River of Life di Kuala Lumpur Malaysia dan Teras Cikapundung di Kota Bandung.

Jadi design penataan dan revitalisasi  Kalimalang merupakan gabungan dari literature, ditambah gagasan dan inovasi yang mencerminkan ke khasaan Jabar dan Warga Bekasi, sehingga bila semua tahapan pembangunan selesai dapat menjadi kebanggaan warga Bekasi Raya pada khususnya dan Warga Jabar pada Umumnya.

Dengan demikian nantinya, akan menajdi daya Tarik bagi masyarakat untuk menikmati dan bersua foto di objek/ destinasi wisata air Kalimalang, tandasnya. (adikarya/husein).

 

Posting Komentar

0 Komentar