Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Hasbullah Minta Pemkot Depok Tertibkan Bangli di Kali Kumba

Anggota Komisi IV DPRD Jabar M.Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum dari Fraksi PAN (foto:husein).

DEPOK, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat. M Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum meminta kepada pemerintah Kota Depok untuk dapat menertibakan bangunan-bunganan liar (Bangli) yang berada dibantaran Kali Kumba.

Bangli-bangli yang ada disepanjang Kali Kumba telah membuat tersumbatnya aliran air, karena banyak sampah tersangkut di bangle tersebut, sehingga setiap kali hujan turun dengan kapasitas lebat dan lama seringkali Kali Kumba meluap dan terjadi banjir di sepanjang jalan  Kali kumba atau ruas jalan Boulevard.

Menurut Hasullah, sekitar dua bulan lalu, telah terjadi ambrulnya ruas jalan Boulevard, Grans Depok City (GDC) lebih kurang 4 meter. Yang disebabkan hujan cukup deras.

Ambrulnya ruas jalan Boulevard/ jalanan Kali Kumba tentunya tidak terlepas dari beban berat yang ada di atas bahu kali. Sementara di bawahnya itu kali, sehingga gak kuat menahan beban diatasnya”, kata HAsbullah Rahmat saat dihubungi  Faktabandungraya.com, Selasa (15/6-2021). 

Untuk itu, agar peristiwa bencana serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari, maka ia meminta kepada pemerintah kota Depok, sesegera mungkin dapat menertibkan bangli-bangli yang berdiri di bahu Kali Kumba.   

Hasbullah menambahkan, sebenarnya warga sudah paham bahwa yang namanya bantaran / bahu kali/ sungai diatasnya tidak boleh ada bangunan. Namun, faktanya mereka tetap saja mendirikan bangli-bangli di bantaran kali.

“Harusnya kalau itu kali aliran sungai, tidak boleh ada bangunan baik itu di atas (bahu) kali. Karena itu kali mengalir, coba ditutup supaya mendapat space (tempat) parkir lebih lebar. Apalagi sekarang musim hujan ya,” tegas Anggota Komisi DPRD Jabar ini daerah pemilihan Kota Depok –Kota Bekasi ini.

Jangan biarkan bangli terus bertambah, untuk itu, Pemkot Depok harus berani mengambil sikap tegas terhadap para pemilik bangli-bangli tersebut, pintanya.

Hasbullah juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi rambu-rambu alam (sunatullah) yang kerap menimbulkan reaksi berupa bencana atau musibah tatkala ada yang mencoba melanggarnya.

Kalau sungai ya sungai, di atas sungai gak boleh ada bangunan, gak boleh ada parkir. Jadi di sebadan kali kalau gak boleh ada bangunan ya gak boleh, papar anggota legislatif dari Fraksi PAN itu.

Lebih lanjut Hasbullah mengatakan, kejadian ambrolnya ruas jalan Boulevard/ jalanan Kali Kumba harus dijadikan sebagai peringatan bagi kita semua, bahwa dampak beridirinya bangli dai bantaran/ bahu kali telah menghilangkan fungsi dan ruang, untuk harus harus ditertibkan.

Agar kedepan tidak terjadi ambrulnya jalan ditempat yang sama, Hasbullah meminta Pemkot Depok untuk segera membangun kembali jalan ambrul tersebut dengan mempertimbangkan konstruksi diakan diterapkan. Karena kita melihat salah satu penyebabnya dari konstruksi bangunannya yang kurang kokoh.

Apalagi, menurut dia, kali yang melintasi Jalan Boulevard tersebut merupakan Kali Cikumpa yang terkenal cukup rawan dengan tingkat keramaian cukup tinggi. jadi perlu dibangun sebuah konstruksi jembatan yang lebih kokoh, tandasnya. (adikarya/husein).