Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Memo Hermawan Apresiasi Rampung Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu

H. Memo Hermawan, anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi PDIP (foto:istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,---  Anggota Komisi IV DPRD Jabar  H.Memo Hermawan mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil merampungkan pembebasan lahan untuk Tol Cisumdawu (Cileunyi -  Sumedang - Dawuan).

Dengan telah dibebaskannya lahan untuk tol Cisumdawu, tentunya sangat mendukung sekali dalam percepatan penyelesaian pembangungan proyek Tol Cisumdawu. Karena selama ini yang menjadi kendala tersendatnya pembangunan Tol Cisumdawu itu, faktor utamanya adalah masalah pembebasan lahan.

Demikian dikatakan, Kang Memo---sapaan—Memo Hermawan saat dihubungi faktabandugraya.com, ketika diminta tanggapannya terkait telah dibebaskannya lahan untuk Tol Cisumdawu, Rau (16/6-2021).

Dikatakan, pemerintah pusat telah menargetkan pada akhir tahun 2021, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileuyi- Sumedang dan Dawuan) akan tuntas. Untuk itu, dengan sudah dibebaskannya lahan, maka harus secepatnya dapat dieksekusi sehingga pembangunan kontruksinya dapat dikebut,  agar dapat tuntas sebelum akhir tahun 2021 ini, ujar Kang Memo yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut Wakil Buapti Garut periode 2004-2009 ini mengatakan, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 km di Provinsi Jawa Barat terdiri dari enam seksi akan terhubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Beroprasional Tol Cisumdawu tentanya sangat mendukung kelancaran transportasi dari Bandung-ke Bandara BIJB Kertajati, karena dapat mengemat waktu tempuh dan  kelancaran arus transportasi dari Bandung ke BIJB Kertajati PP dapat ditempuh dalam waktu kurang 1 jam, ujarnya.

Sebagai informasi, bahwa dalam Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rakor percepatan pembangunan Tol Cisumdawu bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Selasa (15/6/2021), menyampaikan bahkan, sesuai tupoksi, Pemprov Jabar sudah membebaskan lahan untuk Tol Cisumdawu sudah 100 persen. Tinggal kami mengoordinasikan yang sambungan dari Cisumdawu ke BIJB.

Pemda Prov kini tinggal membebaskan lahan untuk akses tol dari Dawuan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Untuk itu, pihaknya pun intens berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang untuk menyelesaikan persoalan lokal tersebut. "Saya terus berkoordinasi dengan Pak Bupati (Sumedang) untuk menyelesaikan masalah lokal, itu tanggung jawab kami," katanya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan persoalan tanah kas desa yang menghambat pembangunan Cisumdawu kini sudah tuntas.

"Minggu kemarin sudah mengundang seluruh Camat yang berkaitan dengan lahan, semua sudah clear. Besok kita rapat forkopimda untuk mengakselerasi,"tandas Dony. (adikarya/husein).

 

Posting Komentar

0 Komentar